Lezatnya Kepala Tenggiri Kuah Kuning Dengan Tambahan Potongan Nanas

Editor: Maha Deva

Sajian Kepala Ikan Tengiri kuah kuning, dengan potongan buah nanas, Sabtu (5/6/2021) - foto Henk Widi

LAMPUNG – Ikan tenggiri, menjadi salah satu ikan bahan kuliner paling diminati masyarakat Lampung. Salah satu olahan yang sering dibuat adalah kepala kuah kuning.

Lisdaryanti, warga Lampung penyuka ikan tenggiri menyebut, kerap membeli ikan tengiri di bagian kepala. Bagian tersebut dipisahkan dari badan dan ekor untuk pembuatan ikan giling. bagian kepala ikan tenggiri atau Scomberomorus commerson, tetap lezat saat diolah.

Warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan itu menyebut, ikan tenggiri memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengolah ikan tengiri kuah kuning mempergunakan puluhan jenis bumbu rempah rempah, yang akan membuat masakan semakin lezat, terlebih saat ditambah potongan buah nanas.

Bumbu utama yang digunakan untuk memasaknya adalah, tomat, daun bawang, lada, garam, kaldu bubuk, batang serai. Kemudian, wortel, daun kemangi, jahe, kunyit dan cabai rawit utuh. Bumbu nanas kuning, disiapkan dengan cara memotong buah nanas menjadi berbentuk dadu, lalu direbus. Agar lebih harum, dapat tambahkan daun jeruk di dalam rebusan buah nanas. “Kepala ikan tenggiri yang telah dibeli selanjutnya dibersihkan dengan air mengalir, agar aroma amis hilang terlebih dahulu rebus kepala ikan hingga setengah matang lalu tiriskan sembari menyiapkan sejumlah bumbu pelengkap,” terang Lisdaryanti saat ditemui Cendana News, Sabtu (5/6/2021).

Juminah (kiri) menjual ikan tenggiri atau Scomberomorus commerson yang kerap digunakan sebagai bahan kuliner di pasar Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (5/6/2021) – foto Henk Widi

Bumbu meliputi bawang merah, potongan jahe, garam, setelah dihaluskan kemudian ditumis, ditambah sedikit air, hingga muncul aroma harum. Tambahkan bumbu bubuk lada, perasan air jeruk nipis lalu koreksi rasa. Jika belum lezat, bisa ditambahkan penyedap rasa. Semua bumbu yang telah ditumis pindahkan ke wajan untuk merebus nanas kuning, masukkan kepala ikan tenggiri, tunggu hingga matang. Proses pematangan kepala ikan tenggiri berlangsung sekira 15 menit.

Sajian kepala tenggiri kuah kuning, semakin lezat dengan adanya tambahan irisan daun bawang, daun kemangi. Kaldu kepala ikan tenggiri yang telah keluar berpadu dengan beragam bumbu rempah, memiliki rasa yang khas. Kepala ikan tenggiri kuah kuning akan semakin lezat disajikan dalam kondisi hangat. “Sajian kepala tenggiri kuah kuning cocok jadi menu saat perubahan cuaca seperti saat ini untuk menjaga kebugaran tubuh,” ujar Lisdaryanti.

Pemberian potongan nanas, selain memberi warna kuning, juga untuk menimbulkan sensasi rasa manis dan asam. Penggunaan nanas, menggantikan buah belimbing wuluh, yang kerap disertakan untuk menghilangkan rasa amis. Setelah kepala ikan tenggiri matang, buat sambal tomat dan berbagai sayuran pelengkap. Daun jambu mente muda, kubis dan daun singkong jadi pelengkap.

Natanael, sang anak yang menyukai kepala tenggiri kuah kuning menyebut, menyikai sensasi rasa gurih dari masakan tersebut. Kepala ikan tenggiri yang telah dimasak, memiliki kumpulan daging yang tebal pada bagian rahang. Lemak ikan yang kenyal akan semakin lezat ketika diseruput bersama kuah kuning. Menyeruput bagian kepala yang telah matang semakin nikmat bersama nasi hangat, sambal dan sayuran. “Rasa lezat ikan yang telah diolah dengan beragam bumbu rempah menghangatkan badan,” bebernya.

Juminah, pedagang ikan laut di pasar Bakauheni menyebut, bagian kepala pada Ikan Tenggiri sangat diminati. Ia mengaku menjual ikan tenggiri utuh seharga Rp100.000 perkilogram. Bagian badan dan ekor yang dibeli kerap akan digiling menjadi bahan kuliner pempek, tekwan dan bakso ikan. Bagian kepala dijual seharga Rp25.000 perkilogram, dan biasa dimasak kepala tengiri kuah kuning.

Lihat juga...