Lurah : Banjir di Pengasinan Akibat Penyempitan Jembatan di Jatimulya

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Hujan dengan entitas tinggi yang melanda wilayah Kota Bekasi, pada Selasa (15/6/2021) hingga malam membuat sejumlah wilayah tergenang air. Bahkan di Kelurahan Pengasinan, tempatnya komplek Pondok Hijau Permai, ketinggian air mencapai 50 centimeter, atau setinggi lutut orang dewasa, pada Rabu siang (16/6/2021).

“Masih ada tiga titik komplek di wilayah Kelurahan Pengasinan Rawalumbu, terdampak banjir, sejak tadi malam. Kita sudah informasikan ke Dinas BMSDA Kota Bekasi untuk dapat dibantu,” ungkap Lurah Pengasinan, Juhasan saat ditemui Cendana News, di Bakor PH.

Juhasan mengakui, banjir disebabkan karena adanya penyempitan di jembatan wilayah Jatimulya, yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bekasi. Saat ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

Kabid Sumber Daya Air dari Dinas BMSDA, Zainal Abidin membenarkan penyebab banjir karena adanya penyempitan di jembatan Jatimulya. Ia menegaskan, harus dilakukan peninggian pada jembatan di perbatasan tersebut.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Bekasi untuk melakukan tindakan segera mungkin. Mengingat curah hujan masih terus terjadi di wilayah Kota Bekasi ini,” tandas Zainal.

Kabid Sumber Daya Air dari Dinas BMSDA, Kota Bekasi, Zainal Abidin, (tengah) saat meninjau langsung titik banjir yang masih terjadi di wilayah Pondok Hijau Permai, Kelurahan Pengasinan, Rawalumbu, Rabu (16/6/2021). Foto: Muhammad Amin

Diakuinya, koordinasi langsung dengan pihak kelurahan Jatimulya Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, sudah dilaksanakan. Informasi yang diterima, pihak kelurahan setempat pernah mengusulkan melalui Musrenbang, tapi belum ada realisasinya di lapangan.

“Melalui Pemkot Bekasi, kami akan segera mengkoordinasikan dengan Pemkab Bekasi, agar bisa disegerakan melakukan pekerjaan peninggian jembatan,” tegasnya.

Zainal menambahkan, guna mengatasi genangan air di beberapa titik, pihaknya melakukan pematusan dan penambahan pompa apung portable dan pompa mobil guna menyedot air ke kali, agar cepat surut.

Lihat juga...