Masih Banyak Tempat Pembuangan Sampah Liar di Ciparay

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANDUNG — Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung merupakan salah satu wilayah yang mendapat perhatian serius terkait pengelolaan sampah. Pasalnya, di wilayah ini kerap kali ditemukan tempat pembuangan sampah liar.

“Setidaknya ada enam titik yang kerap dijadikan tempat pembuangan. Kita sudah bersihkan, besoknya muncul lagi. Padahal sudah ada tulisan bukan tempat pembuangan sampah,” ujar Fauzi, Anggota Bandung Bedas Bersih Sampah (BBBS) Korwil Ciparay, Rabu (30/6/2021) di Ciparay.

Fauzi mengatakan, sebanyak 16 petugas (BBBS) Korwil Ciparay, menyebar dan berkeliling ke sejumlah tempat pembuangan sampah liar setiap hari, untuk memastikan tidak ada lagi yang dibuang sembarangan.

“Ini mulai rutin kita lakukan, kita bersihkan dan angkut sampah yang berserakan dari mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Jadi setiap hari kita menyisir tumpukan sampah liar yang berada di sejumlah titik,” tukasnya.

Nantinya, lanjut Fauzi, sampah liar tersebut dikumpulkan di satu titik lalu akan dilakukan pengangkutan oleh petugas dari Dinas Kebersihan.

“Sampah yang berserakan dibersihkan dan dimasukkan ke karung dan kemudian dikumpulkan di satu titik. Kalau sudah penuh, berkoordinasi dengan dinas terkait dan langkah selanjutnya akan dilakukan pengangkutan,” jelas Fauzi.

Karna, petugas kebersihan lainnya menambahkan, menjaga lingkungan bukan hanya tugas BBBS, pemerintah, atau petugas kebersihan saja, melainkan tanggung jawab bersama dan diperlukan kepedulian dari masyarakat sekitar.

“Bantu kami dalam menjaga lingkungan, menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Kami ada, kami hadir, ingin lingkungan terlihat bersih dan bebas dari berbagai penyakit,” ungkap Karna.

Menurutnya, tumpukan sampah yang berserakan itu, selain terlihat jorok, juga bisa menimbulkan berbagai penyakit dan bencana, seperti banjir.

“Diharapkan mulai dari sekarang, masyarakat supaya sadar dengan menjaga lingkungan supaya bersih dan jangan membuang sampah sembarangan. Selain itu, tumpukan sampah yang berserakan juga akan mengakibatkan bencana banjir, dan bencana yang lainnya,” pungkas Karna.

Lihat juga...