Miliki Beragam Manfaat, Ikan Gabus Perlu Dikembangbiakkan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Ikan gabus memiliki bermacam manfaat dan nutrisi bagi tubuh. Pasalnya, ikan gabus merupakan salah satu hewan yang memiliki kandungan albumin tinggi di samping kadar proteinnya juga melimpah.

“Albumin memegang peranan penting sebagai bagian dalam protein plasma darah yang berfungsi sebagai agen pengangkut nutrisi,” ungkap Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP), Lilly Aprilia Pregiwati, melalui penyuluhan percontohan pembenihan ikan gabus untuk Kota Banjarbaru, via zoom, Senin (21/6/2021).

Lilly Aprilia Pregiwati, Kepala Pusat Pelatihan, Penyuluhan Kelautan, dan Perikanan (Puslatluh KP), saat penyuluhan budi daya ikan gabus, Senin (21/6/2021). Foto: Muhammad Amin

Dikatakan,  produk unggulan ekonomi yang penting dari ikan gabus adalah albumin. Albumin ini adalah produk suplemen kesehatan yang sudah dikembangkan oleh salah satu Poklahsar di Banjarbaru dari 2018 lalu.

“Jika dilihat dari keunggulan aspek biologi dan aspek ekonomi, selain dikonsumsi, ikan gabus juga patut untuk dikembangbiakkan,” tutur Lilly.

Ikan gabus adalah tumpuan dari salah satu usaha yang dilakukan oleh para pembudidaya, salah satunya seperti di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Produksi ikan gabus selama ini masih mengandalkan tangkapan dari alam dengan kecenderungan produksi yang semakin menurun.

“Pastinya semakin banyak orang yang minat pada ikan gabus ini, maka tentu perlu dilakukan upaya mendorong dan juga menciptakan terobosan atau inovasi kepada para pelaku utama agar bisa terus meningkatkan produksi ikan gabus,” jelas Lilly.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) telah memberikan bahan percontohan penyuluhan perikanan Pembenihan Ikan Gabus dengan Sistem Jaring Bertingkat di Kota Banjarbaru.

Lihat juga...