Modal Kita Bantu Warga DCML Kedungkandang Usaha Pembesaran Kenari

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MALANG — Beternak pembesaran burung Kenari dirasa sangat menguntungkan bagi Ana Subaita, warga Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang, RW 05 RT 01, kota Malang. Karenanya, ia memanfaatkan pinjaman Modal Kita yang dihadirkan yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) melalui koperasi binaan Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri untuk memulai usaha pembesaran burung Kenari.

Ana Subaita tercatat sudah tiga tahun menjadi anggota KUD Suluh Sejahtera Mandiri dan telah mengajukan dua kali pinjaman dengan besaran Rp2 juta setiap kali pinjaman.

“Pinjaman-pinjaman itu saya gunakan untuk modal usaha pembesaran burung Kenari. Jadi beli burung yang masih anakan, kemudian dibesarkan nanti kalau sudah siap untuk menjadi indukan atau pejantan, baru dijual lagi,” ujarnya saat ditemui Cendana News di rumahnya, Kamis (27/5/2021).

Disampaikan Ana, usaha pembesaran burung kenari tersebut ia rintis setelah mengajukan pinjaman Modal Kita yang pertama. Mulai dari untuk membeli beberapa ekor indukan dan pejanta, sangkar hingga pakan burung. Kemudian pinjaman kedua untuk membesarkan usaha sekaligus untuk biaya operasional.

Ana merasa sangat terbantu dengan adanya pinjaman Modal Kita sehingga ia bisa memulai usaha pembesaran Kenari.

“Pinjaman modal kita ini sangat membantu sekali untuk usaha rumahan seperti saya ini,” ucapnya.

Diakui Ana, sebelumnya ia belum pernah mengajukan pinjaman ke tempat lain. Dirinya tertarik mengajukan pinjam Modal Kita karena selain bunganya terjangkau, saat mengajukan pinjaman tidak perlu ada jaminan atau agunan.

“Pembayaran angsuran selama ini Alhamdulillah lancar setiap bulan, termasuk pada masa pandemi tetap lancar. Ke depan, melihat kondisi kalau usahanya lancar, ya mengajukan pinjaman lagi agar bisa tambah berkembang,” ujarnya.

Sementara itu menurut Ana, usaha pembesaran Kenari cukup menguntungkan sebab masih banyak pecinta burung yang menggemari burung bertubuh mungil dan bersuara nyaring ini. Terlebih, perawatannya bisa dibilang cukup mudah. Selain pemberian pakan secara rutin dan menjaga kebersihan sangkar, burung Kenari hanya perlu dijemur setiap pagi.

“Sekali jual kadang bisa lima ekor, tapi bisa juga lebih dari itu. Kalau jual burung yang sudah siap jadi indukan harganya bisa sampai 250 ribu. Padahal dulu kita beli anakannya sekitar 80-110 ribu per ekor, tergantung jenisnya,. Untuk usia pembesaran biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan,” tandasnya.

Lihat juga...