Nasi Tiwul, Pangan Alternatif yang Kaya Kandungan Gizi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Olahan nasi tiwul dari bahan dasar singkong atau ubi jalar masih jadi alternatif makanan di Lampung Selatan. Nasi tiwul dibuat melalui sejumlah proses, mulai dengan mengupas singkong, merendam dan menjemur, digiling halus agar bisa menjadi butiran dan diolah dengan pengukusan.

Suharni, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan mengatakan, informasi yang didapatkan, nasi ini sangat cocok untuk menu diet, karena terdapat berbagai kandungan kalori dan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi beras.

Agar nasi tiwul memiliki tambahan gizi yang baik, Suharni melengkapi dengan lauk dan sayur tambahan seperti semur ayam, gulai ikan gabus dan lauk lainnya.

“Kreasi dalam penyajian nasi tiwul akan meningkatkan nilai asupan gizi yang berguna untuk menyehatkan pencernaan, dengan cara pengolahan yang baik dan tambahan sayuran bergizi pilihan terutama sayuran berserat,” terang Suharni saat ditemui Cendana News, Jumat sore (18/6/2021).

Suharni menyebut nasi tiwul bisa diolah menjadi sejumlah kuliner. Agar mengurangi lemak ia menyebut mengolah nasi tiwul dengan cara dikukus. Ia juga kerap mempertahankan sayuran urap yang direbus bercampur parutan kelapa gurih.

Pitka, salah satu anak yang menyukai tiwul, menyantapnya dengan parutan kelapa. Dengan memiliki rasa gurih, makanan tradisional cukup mengenyangkan.  Meski jarang diolah keluarganya, namun dapat menjadi alternatif untuk pengganti camilan.

“Olahan nasi tiwul membuat perut kenyang lebih lama sehingga cocok jadi makanan pengganti nasi,” cetusnya.

Beras tiwul sebagai makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi untuk kesehatan, Jumat (18/6/2021). Foto: Henk Widi

Samsu Rizal, kepala UPT Puskesmas rawat Inap Ketapang menyebut gizi alternatif bisa diperoleh dari makanan berbahan umbi. Kandungan nutrisi berupa vitamin, kalori, karbohidrat yang rendah dibanding nasi dan cocok untuk penderita diabetes.

Beras nasi tiwul sebutnya akan semakin memiliki nilai gizi dengan cara penyajian tepat. Selain bisa dipergunakan sebagai sajian berbentuk nasi, tiwul bisa disajikan sebagai nasi goreng.

Penyajian nasi tiwul sebutnya tetap bisa dikombinasikan dengan beras padi. Sebab sebagian warga yang diet nasi beras dari padi bisa mengawalinya dengan pencampuran tiwul dan beras. Setelah terbiasa nasi tiwul bisa jadi pengganti nasi dengan nilai gizi yang tinggi.

Lihat juga...