Normalisasi Sungai Bedera dan Babura di Medan Membutuhkan Pembebasan Lahan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, saat meninjau salah satu titik sungai di wilayahnya – foto Ant

MEDAN – Upaya normalisasi sungai Bedera dan Babura di Medan, Sumatera Utara (Sumut), membutuhkan pembebasan lahan. Kegiatan tersebut akan dilakukan tahun ini, guna mengantisipasi banjir di Kota Medan.

Dan Pemerintah Kota Medan, mengaku siap untuk melakukan pembebasan lahan, yang ada di daerah aliran Sungai Bedera dan Babura tersebut. “Kami siap menanggulangi permasalahan sosial, terkait pembebasan lahan di daerah aliran sungai guna mengatasi persoalan banjir,” ujar Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Senin (31/5/2021).

Mantu Presiden Jokowi tersebut menjelaskan, Pemkot Medan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar, untuk melakukan pembebasan lahan di kedua aliran sungai tersebut. Saat ini pemkot disebutnya, sedang menunggu rekomendasi, mengenai titik-titik pembebasan lahan dan gambaran teknis dari konsultan. “Untuk anggaran pembebasan lahan, kami siap. Bahkan, di tahun ini, kami menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar. Tapi, titiknya, kami mengikuti rekomendasi dari konsultan,” tandas Bobby.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Benny Iskandar mengharapkan, kajian konsultan dapat lebih detail, sehingga jelas langkah yang dilakukan untuk penanganan banjir.

Ia menyebut, Pemkot Medan berharap, adanya kepastian waktu, terdapat indikator pengurangan titik, pengurangan luasan, serta pengurangan intensitas banjir. “Dari gambar teknis itu, dapat dilihat bentuk berapa lebar yang dibebaskan, persil yang kena, dan sebelah mana alurnya,” pungkas Benny. (Ant)

Lihat juga...