Okupasi Penumpang KA di Wilayah Daop 5 Purwokerto Mulai Naik

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Sejak dioperasikannya kembali kereta api (KA) jarak jauh dan kereta lokal, secara perlahan namun pasti, okupasi penumpang KA di wilayah Daop 5 Purwokerto mulai mengalami kenaikan. Pada hari ini, Minggu (6/6/2021) misalnya, jumlah penumpang yang naik dan turun di wilayah Daop 5 mencapai 7.616 orang.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi di Stasiun Purwokerto, Minggu (6/6/2021).(FOTO : Hermiana E.Effendi)

Kepala Daop 5 Purwokerto, Joko Widagdo mengatakan, kenaikan jumlah penumpang mulai terjadi sejak dua pekan terakhir. Dalam satu hari, rata-rata ada 6.000 penumpang yang berangkat dari beberapa stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto. Untuk Stasiun Purwokerto sendiri ada sekitar 1.800 penumpang setiap harinya.

“Jumlah penumpang mulai mengalami kenaikan. Kalau tujuannya, sebagian besar masih ke arah barat, Jakarta dan Bandung, namun tujuan ke timur juga sudah mulai ramai pekan ini,” katanya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Daop 5 Purwokerto sudah mengoperasikan 8 KA jarak jauh, 2 KA Aglomerasi dan 1 KA lokal pada bulan Juni ini. KA jarak jauh yang dioperasikan yaitu KA Purwojaya relasi Cilacap – Gambir, KA Wijayakusuma relasi Cilacap – Ketapang, KA Sawunggalih Pagi relasi Kutoarjo – Pasar Senen, KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo – Pasar Senen, KA Kertanegara relasi Purwokerto – Malang, KA Serayu Sore relasi Purwokerto – Kiaracondong dan KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo – Kiaracondong. Sedangkan untuk KA aglomerasi yaitu KA Kamandaka relasi Purwokerto – Semarang dan KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto – Solo, serta KA lokal KA Bandara YIA relasi Kebumen – Yogyakarta.

Sementara itu, terkait peningkatan jumlah penumpang, pihak Daop 5 juga memperpanjang pelayanan rapid test antigen dan Genose C-19. Dimana mulai Senin (7/6/2021), jam layanan pemeriksaan rapid test antigen dan Genose C-19 akan dibuka hingga pukul 17.00 WIB untuk Senin hingga Kamis. Sedangkan untuk hari libur serta Jumat sampai dengan Minggu, pelayanan dibuka hingga pukul 21.00 WIB.

“Sebelumnya pelayanan rapid test antigen hanya dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB dan pada Jumat hingga Minggu serta hari libur nasional hanya sampai pukul 17.00 WIB. Sekarang kita perpanjang hingga pukul 21.00 WIB dan pukul 17.00 WIB untuk Senin hingga Kamis,” terang Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi, Minggu (6/6/2021).

Penambahan jam layanan rapid test dan genose di stasiun Purwokerto ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang, mengingat hasil rapid test antigen ataupun Genose C-19 masih menjadi syarat untuk pengguna transportasi KA jarak jauh.

“Walaupun ada peningkatan jumlah penumpang, namun penerapan protokol kesehatan tetap menjadi perhatian utama kita, seperti kewajiban penumpang menggunakan masker, menjaga jarak baik di stasiun ataupun di KA serta harus bebas Covid-19 yang ditunjukan dengan hasil rapid tes antigen atau Genose C-19,” jelasnya.

Lihat juga...