Pancake dan Keripik Pongge, Cara Lain Orang Semarang Menikmati Durian

Editor: Maha Deva

Pongge atau isi buah durian yang digoreng menjadi camilan enak, Sabtu (5/6/2021). Foto Arixc Ardana

SEMARANG – Semua orang pasti sudah mengenal durian. Cita rasanya yang khas, menjadikan buah tersebut menjadi primadona masyarakat. Uniknya, selain daging buah dengan cita rasa manis pahit, isi buah durian yang oleh orang Semarang disebut pongge, bisa diolah menjadi camilan yang tak kalah enak.

“Durian menjadi buah yang paling saya digemari. Apalagi kalau masak di pohon, rasanya dijamin enak, perpaduan antara manis dan pahit. Aromanya juga khas, ini menjadi daya tariknya,” papar penggemar buah durian, Burhanudin, saat ditemui di warung Raja Durian, Gunungpati Semarang, Sabtu (5/6/2021).

Tidak hanya dimakan secara langsung, olahan buah durian pun layak untuk dicoba. Mulai dari pancake, ketan durian hingga es dawet durian. “Pancake durian ini, menjadi salah satu yang paling digemari, karena tahan lama dan rasa buah durian juga terasa. Selain itu juga praktis, bisa dibawa kemana-kemana dibanding harus membawa buah durian utuh,” papar pedagang di Raja Durian, Imam Imron.

Penggemar buah durian, Burhanudin, saat ditemui di warung ‘Raja Durian’, Gunungpati Semarang, Sabtu (5/6/2021). Foto Arixc Ardana
Lihat juga...