Pandemi Covid-19 tak Hambat Semua Program Damandiri di Dieng Kulon

Jurnalis : Koko Triarko

BANJARNEGARA — Meski masih terhambat pandemi Covid-19, KUD Pelita Sejahtera Mandiri terus menjalankan berbagai program pemberdayaan masyarakat desa Dieng Kulon, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bantuan pinjaman modal tanpa agunan terus disalurkan, untuk membantu pelaku usaha kecil setempat.

Manajer Umum KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Elina Ningtriyas mengatakan, jika koperasi sebagai motor penggerak program desa cerdas mandiri lestari (DCML) Dieng Kulon, mulai ada sejak November 2019.

“Hingga saat ini ada 339 anggota aktif yang memanfaatkan bantuan pinjaman modal usaha ‘Modal Kita’. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok dengan sektor usaha dagang dan bertani,” kata Elina Ningtriyas, di sela acara kunjungan pimpinan Yayasan Damandiri di Dieng Kulon, Sabtu (13/6/2021).

Dieng Garden, salah satu unit usaha KUD Pelita Sejahtera Mandiri desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. -Foto: Koko Triarko

Menurut Elina Ningtriyas, masyarakat desa Dieng Kulon yang hanya terdiri dari satu pedukuhan, yakni Karangsari, sangat antusias untuk memanfaatkan Modal Kita. Namun karena pandemi Covid-19 dirasa sangat berdampak, pihaknya sengaja menghentikan sementara program tersebut.

“Jadi saat ini kita fokus ke 339 nasabah dulu. karena pandemi Covid-19 ini dampaknya sangat terasa,” katanya.

Selain Modal Kita sebagai upaya mempercepat peningkatan kesejahteraan anggota, Elina Ningtriyas mengatakan jika koperasi juga tengah merintis objek wisata baru Dieng Garden dan Kafe Kita. Dua unit usaha ini juga terpaksa belum bisa dibuka, karena dampak pandemi.

Sementara itu terkait dana Modal Kita, hingga saat ini telah tersalurkan sebesar Rp732 juta dari total anggaran dari Yayasan Damandiri sebesar Rp443 juta.

“Kita maksimalkan yang ada dulu, mengingat pandemi yang belum pasti kapan berakhir. Tapi, upaya pemberdayaan terus berjalan, seperti memberikan pendampingan usaha kecil, dengan produk unggulan olahan buah carica dan kentang,” pungkas Elina Ningtriyas.

Lihat juga...