Pasar Tani DKPP Belitung Catat Transaksi Rp8,2 Juta

BELITUNG  – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat transaksi dari pelaksanaan kegiatan pasar tani yang digelar di halamanan dinas itu mencapai nilai Rp8,2 juta.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly, di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan, kegiatan pasar tani yang dilaksanakan di halaman kantor DKPP diikuti sebanyak 16 pelaku usaha dengan nilai transaksi sebanyak Rp8.2 juta.

“Alhamdulillah kegiatan pelaksanaan pasar tani berjalan lancar sebagian peserta berasal dari Kecamatan Sijuk dan Tanjung Pandan,” katanya.

Menurut dia, tujuan pelaksanaan pasar tani adalah untuk membantu petani dalam memasarkan hasil panennya secara langsung kepada pembeli.

Pasar tani juga berfungsi untuk mengenalkan produk pertanian dan meningkatkan daya jual para petani setempat. “Keuntungan bagi masyarakat juga bisa mendapatkan produk hasil pertanian yang segar dan harga yang lebih murah dibandingkan di pasar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan itu, hasil pertanian dijual dengan lebih murah seperti cabai merah keriting Rp25 ribu per kilogram, cabai hijau keriting Rp20 ribu per kilogram, kacang tanah Rp20 ribu per kilogram dan jagung manis Rp12 ribu per kilogram.

“Ke depannya kami berencana melaksanakan pasar tani dua kali dalam sebulan karena antusiasme yang tinggi dan berencana mengajak Dinas Perikanan untuk memasarkan hasil perikanannya terutama perikanan budidaya seperti lele dan nila,” kata Destika. (Ant)

Lihat juga...