Penerimaan Mahasiswa Baru, Lima Kabupaten Serentak Gelar SBMPTBR

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Penerimaan mahasiswa baru negeri dan swasta melalu jalur mandiri kembali dilakukan secara serentak, melibatkan lima kabupaten terdiri Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Banyuwangi dan Probolinggo. Dihelat melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR), dibuka secara online pada tanggal 14 hingga 25 Juni 2021.

Wakil Rektor 1 Universitas Jember, Prof. Slamin mengatakan, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri bersama lima kabupaten terkait sudah berjalan sejak tahun 2015. Hingga saat ini masih dirasa efektif untuk dilaksanakan kembali.

“Penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri secara serentak masih efektif. Karena dapat memudahkan siswa dalam memilih perguruan tinggi yang diinginkan baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta,” ujar Prof. Slamin kepada wartawan di wilayah Kelurahan Tegak Boto, Kecamatan Sumbersari, Jember, Kamis(10/6/2021).

Prof. Slamin menambahkan, kegiatan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru secara serentak sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR), dibuka secara online pada tanggal 14 hingga 25 Juni 2021.

“Karena pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara serentak. Maka di tahun ini penerimaan mahasiswa baru melalui tahap mandiri merupakan jalur terakhir pada perguruan tinggi di lima kabupaten terkait,” jelasnya.

Tujuan dilaksanakan serentak hingga saat ini, menurut Prof. Salim lebih efektif dan efisien.

“Saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19. Pada dasarnya aspek keselamatan dan memutus rantai persebasaran Covid-19 menjadi tanggung jawab kita semua. Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru secara serentak tentunya tidak menghilangkan esensi dalam proses tahapan penerimaan mahasiswa baru. Sebaliknya, lebih memudahkan calon mahasiswa dengan menghemat waktu, energi dan biaya,” ucapnya.

Wakil Koordinator Kehumasan Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto mengatakan, pelaksanaan ujian penerimaan mahasiswa baru secara serentak akan dilaksanakan di Kampus UNEJ pada tanggal 5 hingga 11 Juli 2021.

“Ujian dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri dilakukan selama 6 hari. Setiap harinya, kampus Unej menyediakan fasilitas ujian yakni komputer sebanyak 575, sehingga diperkirakan setiap hari ada sekitar 575 calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi tes masuk perguruan tinggi, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,”ucapnya.

Rokhmad menambahkan, pelaksanaan ujian secara serentak dapat memudahkan calon mahasiswa dengan mengikuti sekali tes, maka dapat memilih prodi jurusan baik di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

“Kampus UNEJ pada periode tahun 2021/2022 berencana menerima mahasiswa baru sebanyak 7.422 dalam jenjang Sarjana dan Diploma, yang terbagi dalam 3 tahapan penerimaan mahasiswa baru, yakni seleksi melalui jalun SNMPTN sebanyak 2.272, melalui jalur SBMPTN sebanyak 3.712 dan melalui tahapan jalur mandiri atau SBMPTBR sebanyak 1.438,” jelasnya.

Lihat juga...