Pentingnya Budi Daya Kenikir, Sayuran Segar Kaya Manfaat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Budi daya tanaman kenikir sebagai salah satu alternatif sayuran tetap dilakukan petani di kebun, pekarangan dan area sawah.

Fransiska, salah satu petani di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan menyebut budidaya kenikir dilakukan memakai biji. Pada kondisi darurat budidaya dapat dilakukan dengan perundukan batang yang memiliki akar menghasilkan tunas baru sebagai bibit baru.

Sayuran kenikir sebut Suyatinah, berbeda dengan kenikir bunga yang memiliki aroma lebih sengir dan hanya sebagai bunga hias. Jenis sayuran kenikir lebih dominan berwarna hijau segar, bunga dominan putih.

Jenis kenikir hias kerap berwarna kuning dan jingga kerap ditanam sebagai pengusir hama padi atau refugia. Jenis kenikir sayuran dibudidayakan untuk lalapan, sayur segar makanan tradisional.

Regenerasi kenikir sebut Suyatinah cukup mudah. Biji kenikir yang telah tua tersusun pada bongkol yang banyak terdapat pada ujung batang. Setelah kering biji disemai pada media tanam yang digemburkan memakai pupuk kandang, pupuk kompos.

Agar lebih praktis ia kerap menyediakan media tanam untuk penyediaan bibit sekaligus pembesaran. Semakin subur tanaman kenikir menghasilkan cabang tunas baru yang bisa dipanen bagian daun muda.

“Syarat lahan yang cocok untuk budidaya kenikir berupa lahan terbuka, berpasir, subur dan penyinaran matahari yang penuh sehingga akan mempercepat pertumbuhan, jenis kenikir untuk sayuran juga memiliki fungsi ganda sebagai tanaman hias pada pekarangan,” terang Fransiska saat ditemui Cendana News, Senin (14/6/2021).

Perawatan tanaman kenikir sebut Fransiska cukup mudah. Tanaman yang terlalu rapat bisa dipencarkan untuk pertumbuhan yang baik. Bisa berbatang setinggi satu meter tanaman kenikir bisa dipanen secara bertahap.

Setelah tiga bulan pucuk tanaman dengan daun yang muda bisa dipanen untuk sayuran. Selain bisa dikonsumsi mentah untuk lalapan, daun kenikir muda dipakai untuk pelengkap sayur pecel, urap.

Memasuki usia empat bulan, bunga kenikir menghasilkan biji sebagai bibit. Ia kerap memanen biji kenikir selanjutnya disebarkan pada pekarangan, tepi jalan sebagai tanaman sayuran.

Agar lebih subur ia mengaku kerap menebar biji kenikir kering pada bawah tanaman pisang. Selama tanaman kenikir masih bertunas, setiap dipetik sayuran itu masih bisa dipanen.

“Jika tanaman tidak produktif cukup dicabut batangnya sementara di sekitar tanaman telah tumbuh tanaman baru dari biji,” beber Fransiska.

Sayuran kenikir sebut Fransiska memiliki rasa sengir yang segar, sebagai lalapan bisa menjadi penambah nafsu makan.

Selain digunakan sendiri sebagai sayuran, kenikir kerap ditukarkan pada pedagang sayuran keliling dengan tempe dan tahu. Sejumlah tetangga yang akan mengolah kenikir sebagai sayuran bisa memetik tanaman langsung dari batangnya.

Mikael Anggi, salah satu warga Pasuruan mengaku, cara budidaya kenikir yang mudah menjadikan tanaman itu sayuran alternatif. Selain ditanam pada lahan terbuka kenikir bisa dibudidayakan memakai media tanam polybag.

Mikael Anggi, salah satu warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan memanfaatkan kenikir untuk lalapan segar, Senin (14/6/2021) – Foto: Henk Widi

Ia menyebut perbedaan tanaman sayur kenikir yang bisa dikonsumsi juga bisa dilihat dari cabang dan tangkai daun. Tangkai daun kenikir untuk sayuran berwarna hijau segar, kenikir hias kerap berwarna ungu.

Menanam kenikir sebutnya bisa menjadi sumber penghasilan bagi petani. Pada penanaman skala pertanian ia membudidayakan kenikir untuk lalapan. Peminat kenikir untuk lalapan kerap digunakan pada pedagang makanan pecel lele.

Sayuran kenikir muda kerap disajikan bersama daun kemangi, kacang panjang dan terong. Sebagai sayuran segar budi daya kenikir cukup penting, misalnya untuk membantu peredaran darah dan menguatkan tulang.

Kenikir sebut Mikael Anggi kerap ditanam petani di dekat lahan persawahan. Memiliki bunga yang menarik, bersama dengan jenis kenikir bunga sayuran itu ditanam untuk pengusir serangga.

Jenis serangga yang kerap menyerang tanaman padi berkumpul pada rumpun tanaman kenikir. Saat dibutuhkan daun muda bisa digunakan sebagai sayuran segar

Lihat juga...