Prancis, Portugal, dan Belgia Disebut Mancini Lebih Favorit Juara di EURO 2020 

Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini - foto Ant
JAKARTA – Pelatih Tim Nasional Italia, Roberto Mancini menyebut, Prancis, Portugal, dan Belgia harus dipandang sebagai favorit juara Euro 2020. Mereka berada di depan Italia, meski Azzurri sukses mencatat kemenangan kedua berturut-turut, setelah mencukur Swiss 3-0 di Roma, Rabu (16/6/2021).
Manuel Locatelli, tampil impresif saat membukukan dua golnya. Dan Ciro Immobile, melengkapi gol ketiga, saat Italia menjadi tim pertama yang memastikan tiket babak sistem gugur, sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Italia menjadi 29 pertandingan di semua kompetisi.

Cara mereka mencetak kemenangan atas Turki dan Swiss, telah meningkatkan harapan di antara para fans Italia, bahwa mereka bisa melangkah lebih jauh di kompetisi musim panas ini. “Prancis, Portugal dan Belgia semuanya ada di Euro,” kata Mancini, dalam konferensi pers usai pertandingan.

“Satu adalah juara dunia, satu adalah juara Eropa dan yang lainnya menduduki peringkat nomor satu dunia. Mereka telah dibangun selama bertahun-tahun, dan lebih jauh dari kami dalam pengembangan tim. Tapi apa pun bisa terjadi dalam sepak bola,” tandasnya.

Mancini menyebut, masih dda ruang untuk perbaikan, untuk menghadapi persaingan yang ada. “Kami memiliki beberapa pemain muda, yang bahkan belum pernah bermain di Piala Eropa untuk level klub, jadi mereka memiliki ruang yang sangat besar untuk berkembang,” tambahnya.

Italia, memastikan melaju ke babak 16 besar, tetapi mereka akan menghadapi pertandingan terakhir Grup A, melawan Wales di Stadio Olimpico, Minggu (20/6/2021). Dan akan turun ke peringkat kedua, apabila mengalami kekalahan.

Pasukan Mancini, bakal kehilangan sang kapten Giorgio Chiellini, karena mengalami cedera di babak pertama laga menghadapi Swiss. Dan dia mendapat pertanyaan, apakah para pemain akan diistirahatkan atau dirotasi untuk pertandingan terakhir grup mereka. “Kami akan melihat bagaimana kondisi para pemain, karena itu adalah pertandingan yang sulit. Ada beberapa pemain yang sangat lelah. Kami akan melihat selama beberapa hari ke depan dan kemudian kami akan memutuskan,” pungkas Mancini. (Ant)

Lihat juga...