Program Pembangunan Presiden Soeharto Melekat di Hati Masyarakat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menilai, Presiden Soeharto adalah seorang pemimpin yang memiliki kematangan stabilitas, mental, dan jiwa yang luar biasa.

“Dalam kondisi apa pun, Pak Harto tampil sebagai seorang bapak dan pemimpin yang selalu memberikan pesan-pesan yang bijak yang mempersatukan,” ujar Anies, kepada Cendana News saat ditemui usai menghadiri acara Syukuran 100 Tahun Presiden Soeharto di Masjid At Tin, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021).

Apa pun yang disusun Pak Harto di dalam rencana pembangunan selalu orentasinya kepada pembangunan. Dan pembangunan seperti kata kunci yang selalu melekat dengan Pak Harto.

“Kalau dengar kata pembangunan ingat Pak Harto. Kalau nyebut nama Pak Harto ingat kata pembangunan. Saya rasa, itu sangat dirasakan masyarakat,” ungkap Anies.

Di mata Anies, Pak Harto bisa menterjemahkan pesan pembangunan yang kompleks menjadi narasi yang sederhana, yaitu trilogi pembangunan, pertumbuhan, pemerataan, stabilitas, dan lainnya.

“Semua orang tahu itu, dan Beliau tahu lima tahun prioritasnya di mana. Padahal pembangunan itu kan kompleks, tapi bisa dinarasikan secara sederhana. Dan itu membuat kita semua merasakan lima tahun sedang fokus pada stabilitas, lima tahun fokus pada pertumbuhan, dan lima tahun sedang fokus pada pemerataan,” urai Anies.

Sehingga kata Anies, Pak Harto di dalam komunikasi dengan rakyat itu, membuat orang lebih mudah memahami yang sedang berjalan di negeri ini.

Bahkan banyak sekali program seperti yang dijalankan Pak Harto  hingga sekarang dirasakan manfaatnya.

“Yang pasti listrik masuk desa, Itu kan mengubah wajah Indonesia. Begitu juga dengan SD Inpres seluruh indonesia. Itu kan jejak dari Beliau dirasakan luar biasa sampai sekarang,” tuturnya.

Anies pun memanjatkan doa kepada Allah SWT agar almarhum Pak Harto dilimpahkan keberkahan dan ditempatkan di surga.

“Kita doakan semoga almarhum Pak Harto mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT,” tutupnya.

Lihat juga...