Satgas Covid : 1.794 Pasien di Babel Jalani Isolasi

PANGKALPINANG — Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 1.794 orang pasien COVID-19 masih menjalani perawatan dan isolasi, guna mencegah dan menekan kasus penularan virus corona itu.

“Hari ini, pasien masih diisolasi di wisma karantina, rumah sakit dan isolasi mandiri di rumahnya 1.794 orang atau turun 9,80 persen dibandingkan hari sebelumnya,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan sebanyak 1.794 pasien masih dirawat atau sedang menjalani karantina dan isolasi, tersebar di Kota Pangkalpinang 372, Kabupaten Bangka 472, Bangka Tengah 243, Bangka Barat 358, Bangka Selatan 106, Belitung 110 dan Kabupaten Belitung Timur 133 orang.

Sementara itu, berdasarkan data Senin (31/5) malam sebanyak 254 orang selesai menjalani isolasi tersebar di Kota Pangkalpinang 53, Kabupaten Bangka 36, Bangka Tengah 10, Bangka Barat 42, Bangka Selatan 59, Belitung 19 dan Belitung Timur 35 orang.

“Dengan 254 orang hari ini yang selesai menjalani isolasi, maka persentase tingkat orang dinyatakan sehat dari COVID-19 naik 88,73 persen dibandingkan hari kemarin,” katanya.

Menurut dia sudah setahun kita berjuang dengan prihatin dan membuktikan bisa dan sanggup melaluinya dengan sabar dan tegar serta saling bekerja sama, berkontribusi kemanfaatan terhadap sesama.

“Kita tetap harus menjaga semangat tersebut dengan baik, dengan tetap disiplin dan waspada serta tidak boleh lengah sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai makhluk sosial. Bukan untuk siapa-siapa, namun untuk kita semua,” ujarnya.

Ia menyadari masih banyak hal yang luput bahkan kurang dalam penanganan COVID-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengalaman penanganan COVID-19 selama 2020 menjadi evaluasi dan pembelajaran bagi kita semua untuk menghadapi tantangan dalam mengatasi C-19 ke depan.

“Kami tidak sendiri, ada banyak warga masyarakat yang peduli, sekurang-kurangnya membantu dengan selalu mematuhi arahan, imbauan, dan anjuran pemerintah serta patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dan lainnya,” katanya.  [Ant]

Lihat juga...