Satu Delegasi Indonesia untuk G20 Positif Covid-19

Ilustrasi Covid-19. -Ant

JAKARTA – Satu delegasi Indonesia yang akan menghadiri rangkaian pertemuan Kelompok 20 (G20) di Kota Catania, Italia, dinyatakan positif Covid-19.

Pada awalnya, terdapat dua delegasi Indonesia dari Jakarta yang berangkat ke Italia untuk menghadiri rangkaian pertemuan G20 pada 22-23 Juni 2021. Masing-masing delegasi Indonesia yang terbang dari Jakarta itu tiba di Catania secara terpisah, dan telah menjalani tes antigen Covid-19 di kota tersebut.

Melalui keterangan tertulis, Rabu, KBRI Roma menjelaskan berdasarkan hasil tes antigen, salah seorang dari dari delegasi Indonesia terindikasi positif Covid-19, sementara seorang lainnya negatif.

Sesuai ketentuan yang berlaku, telah dilakukan tes molekuler atau tes usap pada Senin (21/6) kepada satu orang delegasi Indonesia yang dimaksud. Hasil tes usap yang diterima pada Senin malam mengonfirmasi, bahwa WNI yang bersangkutan positif Covid-19.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, pada Selasa (22/6), pihak Dinas Kesehatan Provinsi (Azienda Sanitaria Provincia/ASP) Catania telah melakukan tes usap terhadap enam delegasi Indonesia yang terdiri atas tiga delegasi asal Jakarta dan tiga delegasi KBRI Roma yang termasuk dalam “kontak dekat” (close contact), dengan kasus positif tersebut. Hasil tes usap dari keenam orang tersebut adalah negatif Covid-19.

Lihat juga...