Sayur Lodeh ala Pedesaan Kegemaran Masyarakat Banyumas

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANYUMAS — Meskipun merupakan masakah sederhana, sayur lodeh ternyata merupakan salah satu masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Banyumas. Mulai dari sayur lodeh terong, welok, tempe dan lain-lain.

Penggemar sayur lodeh, Anjar Asmara di Kecamatan Sumbang, Sabtu (5/6/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Sayur lodeh merupakan masakan berkuah santan yang berisi aneka jenis sayuran atau bisa juga tahu dan tempe. Saat sayur ala pedesaan ini dinikmati bersama dengan lauk-pauk seperti ikan mujair, ikan asin, ikan pindang serta sambal yang super pedas, rasanya sangat nikmat.

“Sayur lodeh terong dan kacang panjang favorit saya, kuahnya gurih segar dan terdapat irisan cabai juga, jadi ada pedas-pedasnya,” kata Hervina, salah satu penggemar sayur lodeh di Purwokerto, Sabtu (5/6/2021).

Salah satu warung makan yang menyediakan masakan aneka sayur lodeh di Kota Purwokerto adalah warung makan yang berlokasi di Kedungmalang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Sejak awal buka, warung makan ini memang menawarkan konsep yang berbeda. Pengunjung langsung mengambil makan sendiri di meja panjang yang berada satu lokasi dengan dapur tempat memasak. Aneka jenis sayur lodeh tersedia, lengkap dengan berbagai macam lauk serta sambal.

“Suka makan di sini, sayur lodehnya banyak jenisnya, lengkap dengan sambal dan pete goreng, jadi makannya sangat lahab,” kata pengunjung lainnya, Anjar Asmara.

Masakan lodeh sebenarnya cukup mudah untuk memasaknya. Bumbu yang perlu dipersiapkan antara lain, bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri. Bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum. Untuk menambah cita rasa, bisanya ditambahkan dengan lengkuas yang digeprek terlebih dahulu, daun salam serta santan cair.

“Setelah bumbu ditumis dan ditambahkan dengan lengkuas dan daun salam, kemudian masukan terong dan kacang panjang, aduk sampai terong empuk, baru kemudian masukan santan dan koreksi rasanya dengan menambahkan garam dan gula,” tuturnya.

Meskipun mudah, namun menurut Anjar, tidak semua orang bisa memasak sayur lodeh dengan lezat. Sehingga jika ingin menikmati sayur lodeh yang nikmat, ia selalu datang ke warung makan yang berada di Kecamatan Sumbang tersebut.

Lihat juga...