Serunya Naik BRT Trans Semarang, Bayar Pakai Botol Plastik

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Ada yang berbeda dalam pelayanan BRT Trans Semarang, pada Selasa (8/6/2021). Para penumpang berkesempatan menaiki transportasi publik di Kota Semarang tersebut, dengan menukarkan botol plastik untuk karcis bus.

“Seru dan menarik, awalnya sempat tidak percaya, ah masak sih bisa tukar botol plastik kosong dengan tiket BRT Trans Semarang. Ternyata beneran bisa,” papar Ngabdul, pengguna Trans Semarang saat ditemui di Halte BRT Jalan Pemuda Semarang, Selasa (8/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menukarkan lima botol plastik kosong berukuran 600 mililiter untuk ditukar satu tiket BRT.

Ngabdul menuturkan dirinya akan melakukan perjalanan dari Jalan Pemuda menuju Jalan Diponegoro, yang berjarak sekitar 10 kilometer.

“Mau ke Halte Elizabeth (Jalan Diponegoro-red). Sehari-hari memang sering menggunakan BRT, selain cepat, juga nyaman karena ber-AC dan ada pembatasan penumpang, sehingga tidak berdesak-desakan,” terangnya.

Saat disinggung alasan dirinya membayar dengan botol plastik kosong, dia mengungkapkan, karena ingin melihat Semarang bersih.

“Ini bagus supaya Kota Semarang bersih. Lebih bagus lagi, kalau program tukar botol plastik kosong dengan tiket BRT ini, tidak hanya setiap hari Selasa saja, namun juga bisa setiap hari,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Lia, penumpang BRT lainnya, yang juga menggunakan layanan penukaran botol plastik kosong, sebagai pengganti uang pembelian tiket.

“Tiket BRT sebenarnya terjangkau Rp 3.500 untuk umum, bisa pergi kemana saja, meski demikian dengan program penukaran botol plastik kosong, saya mendukung,” terangnya.

Dirinya menilai dari program tersebut, tidak hanya dilihat dari nilai nominal, namun upaya pemerintah Kota Semarang, untuk membangun kesadaran masyarakat terkait kebersihan lingkungan.

Sementara, Kepala UPTD BLU Trans Semarang, Hendrix Setyawan menjelaskan, program penukaran tiket menggunakan botol plastik tersebut, menjadi bagian dari peringatan Hari Transportasi Umum dan Hari Lingkungan Hidup.

Kepala UPTD BLU Trans Semarang, Hendrix Setyawan saat ditemui di Halte BRT Pemuda Semarang, Selasa (8/6/2021). -Foto Arixc Ardana

“Setiap hari Selasa, pada rentang tanggal 8 Juni- 6 Juli 2021, masyarakat bisa menikmati layanan BRT Trans Semarang, tanpa perlu membayar dengan uang. Caranya dengan menukarkan gelas, botol atau galon plastik, dengan tiket bus,” terangnya.

Dipaparkan, untuk dapat menikmati layanan tersebut, masyarakat cukup menukarkan satu galon kosong air minum, dengan dua tiket BRT Trans Semarang. Selain itu, masyarakat juga bisa menukar tiga botol air minum 1,5 liter atau lima botol air minum 600 mililiter, untuk satu tiket BRT.

Selain itu, tujuh botol ukuran 330 mililiter dan 10 gelas plastik, juga dapat ditukarkan dengan satu tiket BRT Trans Semarang.

“Penukaran tiket dengan botol plastik ini, bisa dilakukan di empat halte yakni Halte Simpanglima, Halte Pemuda, Halte Taman Diponegoro (Elizabeth), dan Halte Imam Bonjol, serta di 18 pool pemberangkatan,” tandasnya.

Uniknya, pengguna BRT Trans Semarang yang menukar botol plastik akan mendapat tiket khusus bertuliskan botol yang ditukarkannya.

“Tiketnya beda. Software kami sudah di-update, jadi penumpang yang menukarkan botol plastik, akan tertulis di lembar tiket,” tandasnya.

Ke depan pihaknya pun berencana akan meneruskan program tersebut. Botol yang telah terkumpul, nantinya akan didaur ulang. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang.

Lihat juga...