Shevchenko Tetap Memuji Timnya, Sekalipun Dikalahkan Belanda 2-3

Pelatih timnas Ukraina Andrey Shevchenko saat pertandingan Grup C EURO antara Ukraina dan Belanda di Johan Cruyff Arena di Amsterdam, 13 Juni 2021 - foto Ant
JAKARTA – Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko, tetap memuji mentalitas anak asuhnya dan menyampaikan terima kasih kepada mereka, walaupun harus kalah 2-3 melawan Belanda, dalam pertandingan Euro 2020 di Amsterdam, Senin (14/6/2021) dini hari WIB.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim saya, untuk reaksi yang telah mereka tunjukkan, khususnya setelah tertinggal 0-2. Kami bisa kalah (besar tanpa mencetak gol) pada saat itu. Tadi itu pertandingan yang sangat cepat dan menarik, dengan banyak peluang diciptakan kedua tim,,” kata Shevchenko, usai laga, Senin (14/6/2021) dinihari WIB.

Hasil tersebut, memperpanjang rangkaian kekalahan Ukraina dalam putaran final Piala Eropa, menjadi empat kali, setelah pada Piala Eropa 2016 kalah pada semua dari tiga laga fase grupnya. Ukraina, memang bermain gagah berani dan percaya diri pada pertandingan kali ini, sekalipun tampil di kandang lawan. Tertinggal 0-2, tidak membuat mereka kecut. Sebaliknya, mereka mampu bangkit, dan menyamakan kedudukan, sebelum asa mereka dibunuh oleh gol sundulan bek kanan Belanda, Denzel Dumfries.

“Kami sudah menemukan energi untuk berubah dan menyerang. Kami berganti-ganti formasi dan menyeimbangkannya,” kata legenda hidup sepak bola Ukraina tersebut, seraya memuji tim asuhannya telah menunjukkan tanggungjawabnya dengan baik, termasuk dalam bangkit untuk berusaha menutup kekalahan walaupun gagal.

Shevchenko, pantas bangga kepada semangat dan mentalitas bermain timnya, termasuk teknik yang mereka tunjukkan, sehingga menjadi bekal bagus untuk menghadapi Austria dan Makedonia Utara, dalam dua pertandingan Grup C berikutnya. Salah satu mentalitas itu, tak jatuh semangat, karena tertinggal 0-2 oleh Belanda. Dan sebaliknya sempat menyamakan kedudukan yang salah satunya berkat gol Andriy Yarmolenko.

Yarmolenko, menganggap pertandingan melawan Belanda sebagai laga yang berat. “Kami sadar bahwa kami menghadapi lawan yang serius. Tim pelatih senang pada seberapa besar yang telah kami berikan. Memang kalah dalam pertandingan itu selalu mengesalkan, tetapi kami masih punya dua lagi pertandingan untuk dihadapi dan masih akan bermain dalam energi yang sama. Jika kami berhasil (lolos) maka akan bagus sekali,” kata Yarmolenko.(Ant)

 

Lihat juga...