Situasi Kamtibmas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau Dipantau Polisi

Anggota Polres Rejang Lebong melakukan patroli pengamanan Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau - Foto Ant

REJANG LEBONG – Pihak Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Polda Bengkulu, meningkatkan pengamanan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel). Hal itu untuk mengantisipasi adanya peningkatan, tindak kejahatan yang kerap terjadi di wilayah itu.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno mengatakan, pihaknya akan memberikan tindakan tegas dan terukur, serta tidak akan memberikan ruang gerak kepada para pelaku tindak kejahatan. Pelaku yang mengganggu keamanan dan ketertiban (kambitmas) kawasannya.

“Saat ini kita sudah menyiapkan tim khusus dalam program Kring Serse, yang dipetakan di wilayah khusus serta membuka layanan laporan khusus, jika terjadi tindak kriminal di lokasi itu. Kemudian menyiapkan pengawalan kendaraan serta meningkatkan patroli keamanan,” tegas Kapolres, Minggu (27/6/2021).

AKBP Puji menyebut, sejumlah kejadian di jalan lintas penghubung kedua provinsi tersebut, mulai dari Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Binduriang dan Kecamatan Sindang Kelingi, telah berhasil diungkap oleh jajarannya. Diketahui, para pelaku yang berhasil diamankan, ternyata bukan hanya dari wilayah itu, namun juga berasal dari luar daerah.

“Kita, tidak akan mentolerir bagi oknum-oknum yang melakukan kegiatan-kegiatan yang merusak citra masyarakat Rejang Lebong, pada prinsipnya masyarakat Rejang Lebong itu relijius dan baik. Mari kita jaga semuanya. Jangan kotori Rejang Lebong dengan tindakan-tindakan yang tidak baik,” tegas AKBP Puji.

Masyarakat dari tiga kecamatan yang berada di jalan lintas tersebut, disebutnya juga sudah bosan dengan adanya tindak kriminal. Sehingga banyak warga yang langsung melaporkan kepada petugas keamanan, jika terjadi aksi pembegalan ataupun aksi kejahatan lainnya. “Dari beberapa kejadian justru masyarakat sekitar yang menyampaikan laporan langsung ke pihak kepolisian, yang mengindikasikan jika masyarakat sekitar juga mendukung terciptanya situasi Kamtibmas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau,” terangnya.

Untuk itu, masyarakat pengguna jalan lintas yang ragu-ragu melewati jalanan tersebut pada sore atau malam hari, polisi telah menyiapkan pengawalan gratis, yang bisa dilakukan oleh petugas dari Polsek Padang Ulak Tanding, maupun Polsek Sindang Kelingi. (Ant)

Lihat juga...