Suvenir Kaktus Untuk Pernikahan Makin Diminati

Editor: Koko Triarko

BANDUNG – Sejak awal 2021, Ahmad (27), pembudi daya tanaman kaktus di Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mulai memperluas penjualan kaktus sebagai salah satu suvenir pernikahan. Potensinya cukup menjanjikan dan peminatnya makin banyak.

“Awalnya sih banyak diskusi saja sama teman, sambil juga baca-baca potensi pengembangan usaha kaktus. Ternyata peluangnya untuk dipasarkan sebagai suvenir pernikahan cukup bagus. Waktu itu kita mulai pasarkan di bulan Januari, sekarang alhamdulillah hasilnya lumayan,” ujar Ahmad, di lokasi budi daya kaktusnya di kampung Cipulus, Mandalasari, Cikancung, Selasa (8/6/2021).

Ahmad, pembudi daya kaktus di kampung Cipulus, Mandalasari, Cikancung, Kabupaten Bandung, Selasa (8/6/2021). –Foto: Amar Faizal Haidar

Menurut Ahmad,yang membedakan produk kaktus sebagai suvenir, dan kaktus yang dijual sebagai tanaman hias biasa adalah potnya. Untuk yang dijadikan suvenir, pot terbuat dari kayu dan berukuran kecil.

“Jadi, pot kayu itu cuma kita produksi untuk pemesanan sebagai suvenir saja. Memang produksinya setelah ada orderan. Kalau yang biasa kita pakai pot plastik berwarna hitam,” kata Ahmad.

Lebih lanjut, Ahmad mengaku berkat produk suvenir kaktus, sampai saat ini pelanggannya sudah makin luas. Bahkan, ia mengaku banyak mengirim kaktus hingga ke Sulawesi, Sumatra dan Kalimantan.

 

“Paling sering pelanggan saya itu orang Sulawesi. Memang saya dengar di sana kalau pesta perkawinan itu selalu besar, wajar saja mereka berani menjadikan kaktus sebagai suvenir,” ungkapnya.

Ahmad tidak sendiri dalam menjalankan bisnis kaktus tersebut. Ia dibantu oleh sejumlah rekan, salah satunya Uyat, yang lebih banyak menangani bidang pemasaran atau marketing.

“Kita ada batas minimal pembelian untuk produk suvenir, minimal itu 100 pcs. Jadi, di bawah itu kita tidak layani. Karena kan ini berkaitan dengan biaya produksi, kalau sedikit kita ngga bisa,” kata Uyat.

Untuk pemesanan 100 pcs, harga suvenir kaktus dijual Rp25.000 per pcs. Adapun untuk pemesanan minimal 200 pcs ke atas, bisa mendapat harga Rp20.000 per pcs.

“Pemesanan diusahakan paling lambat dua minggu sebelum acara pernikahan berlangsung, khusus pemesanan luar kota Bandung. Kalau pelanggan Bandung bisa seminggu sebelum acara,” pungkas Uyat.

Lihat juga...