Tak Hanya di Singapura, Patung Merlion Juga Ada di Banjarnegara

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANJARNEGARA — Bagi masyarakat Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya, jika ingin berfoto dengan latar belakang patung merlion yang merupakan patung kepala singa simbol dari negara Singapura, tak perlu harus jauh-jauh. Cukup datang ke Surya Yudha Park Banjarnegara dan sudah bisa berfoto gratis dengan patung merlion.

Salah satu pengunjung Surya Yudha Park Banjarnegara, Vivin Fibriani, Minggu (6/6/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Patung dengan ketinggian lebih dari 7 meter tersebut, merupakan ikon serta daya tarik untuk para wisatawan di Surya Yudha Park. Begitu masuk, pengunjung akan disambut dengan patung tersebut yang berlokasi tepat di sebelah sungai. Serupa dengan patung merlion di Singapura, patung tersebut juga terus memancurkan air dari mulut kepala singa.

“Tidak perlu jauh-jauh ke Singapura, apalagi sedang pandemi, cukup ke Banjarnegara sudah bisa berfoto dengan patung singa,” kata salah satu pengunjung, Vivin Fibriani, Minggu (6/6/2021).

Tak hanya bentuk patung yang serupa, tetapi ketinggian patung juga hampir sama. Patung merlion di Singapura mempunyai tinggi 8,6 meter dan replika patung merlion di Banjarnegara juga tingginya lebih dari 7 meter. Berwarna putih seperti patung di Singapura dan juga terus memancarkan air dari mulut kepala singa.

“Sangat mirip baik bentuk, warna maupun ukurannya. Sampai waktu saya upload foto di medsos, ada teman yang menanyakan apakan saya dari Singapura,” tutur Vivin.

Beberapa pengunjung tampak antri untuk berfoto di sekitar area patung. Pihak pengelola bahkan tidak memungut biaya khusus untuk berfoto di lokasi tersebut. Sehingga pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk dan sudah bisa berswafoto dengan patung merlion.

Tempat wisata yang terletak di Jalan Rejasa, Madukara, Kabupaten Banjarnegera ini terbilang cukup lengkap. Berbagai wahana wisata air, mulai dari waterboom berkelok, kolam ombak, kolam arus, kolam olimpik, sepeda air hingga flying fox tersedia dan bisa dinikmati oleh anak-anak hingga dewasa. Selain itu juga tersedia wisata susur sungai yang melalui sungai di sekitar patung merlion.

Mengingat situasi masih pandemi, khusus untuk wisata kolam renang, jumlah pengunjung yang masuk ke dalam kolam dibatasi oleh pihak pengelola. Sebelumnya juga sudah dilakukan pengukuran suhu tubuh kepada para pengunjung.

Pengunjung lainnya, Echa mengatakan, meskipun banyak pengunjung, namun tidak semua masuk ke kolam renang, sehingga ia mengaku tetap merasa aman untuk berenang. Terlebih di lokasi wisata tersebut juga terdapat banyak kolam renang, dari mulai kolam dangkal untuk anak-anak hingga kolam ombak atau tsunami.

“Untuk masuk ke kolam renang, penerapan protokol kesehatan cukup ketat, sehingga membuat kami para pengunjung merasa aman,” katanya.

Lihat juga...