Tekan Penyebaran Covid-19, Manfaatkan Layanan Konsultasi Kesehatan Online

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Pandemi covid-19, cenderung membuat masyarakat ragu-ragu berkunjung ke rumah sakit dan bertemu dokter secara langsung. Hal tersebut mendorong Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, memberikan layanan konsultasi dokter secara online kepada masyarakat.

“Ya, seiring dengan kemajuan teknologi membuat hampir semua hal bisa diakses secara digital, termasuk konsultasi dokter online. Meski tidak bisa menggantikan konsultasi secara langsung, namun dengan layanan ini, setidaknya bisa membantu memberikan gambaran sementara mengenai penyakit yang mungkin diderita, hingga pelayanan lainnya,” papar Kepala DKK Semarang, Abdul Hakam di Semarang, Jumat (4/6/2021).

Dipaparkan, layanan konsultasi dokter tersebut dapat dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi berbasis android Konter (Konsul Dokter), atau telepon ke layanan call center 1500-132. Bisa juga dengan cara pesan pendek, melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0811-2900-132.

“Melalui layanan tersebut, masyarakat bisa berkonsultasi ke dokter online kapan pun saat mengalami keluhan kesehatan, melalui aplikasi yang sudah tersedia. Termasuk bertanya seputar info penyakit, layanan kesehatan, info obat, info Universal Health Coverage (UHC), hingga layanan gawat darurat Ambulance Hebat, serta perawatan Ambulance Siaga,” lanjutnya.

Menariknya lagi, seluruh layanan tersebut diberikan secara cuma-cuma alias gratis, dan dapat diakses secara 24 jam.

“Jadi silakan manfaatkan layanan ini, dengan baik dan bertanggung jawab, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Semarang,” terangnya.

Dengan konsultasi online tersebut, juga menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran covid-19, sekaligus mempercepat layanan kesehatan. Masyarakat tidak perlu keluar rumah, antre dan lainnya, cukup dari rumah bisa berkonsultasi. Risiko untuk tertular atau menularkan virus covid-19 juga akan lebih rendah.

Terpisah, layanan konsultasi dokter secara online, juga bisa dimanfaatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang I Gusti Ayu Mirah S, saat dihubungi di Semarang, Jumat (4/6/2021).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, I Gusti Ayu Mirah S, saat dihubungi di Semarang, Jumat (4/6/2021). Foto: Arixc Ardana

“Di masa pandemi seperti sekarang ini, risiko penularan covid-19 bisa terjadi di mana saja, termasuk di fasilitas kesehatan. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), berupaya meminimalisir penumpukan pasien. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan konsultasi dokter secara online melalui Mobile JKN,” paparnya.

Caranya pun mudah, peserta JKN-KIS hanya cukup mengklik fitur ‘Konsultasi Dokter’ yang telah tersedia di Mobile JKN, dan langsung dapat berkonsultasi dengan dokter di tempat FKTP terdaftar.

“Tidak hanya itu, dengan menggunakan layanan Mobile JKN ini, seluruh riwayat penanganan kesehatan peserta, juga sudah terekam, sehingga memudahkan dokter dalam memberikan pelayanan meskipun dilakukan secara online,” tambahnya.

Pihaknya pun mendorong peserta JKN KIS, bisa memanfaatkan layanan konsultasi dokter secara online tersebut. Termasuk bagi masyarakat Semarang.

“Layanan ini juga gratis dan dapat diakses selama 24 jam,” pungkas Mirah.

Lihat juga...