Terminal Arjasa Lakukan Swab Antigen Acak Sopir dan Penumpang

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Jawa Timur, wilayah Arjasa, melakukan swab test antigen terhadap sopir dan penumpang  di Terminal Arjasa, sebagai upaya mencegah terjadinya persebaran Covid-19.

Koordinator Terminal Arjasa, Sahroni, mengatakan, aktivitas lalu lintas angkutan umum dapat menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19. Untuk itu, diperlukan upaya pencegahan secepat mungkin.

“Melalui angkutan umum, tidak menutup kemungkinan menjadi klaster baru, sehingga saat ini kami upayakan untuk melakukan tes kepada penumpang beserta sopir bus yang intens berhadapan dengan masyarakat dari berbagai daerah,” ujarnya kepada Cendana News, di wilayah Kelurahan Krajan, Kecamatan Arjasa, Jember, Jumat (11/6/2021).

Koordinator Terminal Arjasa, Sahroni saat ditemui di wilayah Kelurahan Krajan (11/6/2021).- Foto Iwan Feri Yanto

Terminal Arjasa, kata Sahrono, merupakan jalur lintas provinsi yang dikelola Provinsi Jawa Timur. Intensitas arus angkutan umum di Arjasa melintasi tiga kabupaten, yakni Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

Sahroni mengatakan, walaupun wilayah tersebut di luar kota, tetapi lintas angkutan umum setiap hari sambung menyambung. Seperti Terminal Bondowoso, sebut Sahroni, melayani angkutan umum yang langsung ke Madura, sedangkan di wilayah Bangkakan, Madura, saat ini kembali menjadi status zona merah.

“Sehingga, aktivitas angkutan umum yang keluar masuk di wilayah Arjasa perlu dilakukan pengawasan secara ketat, salah satunya dengan melaksanakan swab test antigen kepada penumpang dan sopir,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Sahroni, dalam pelaksanaan swab test antigen tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah terkait, termasuk Satgas Covid-19, dan Puskesmas Arjasa yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Puskesmas Arjasa, Teguh Iman mengatakan, pelaksanaan swab test antigen dilakukan secara acak. Sebab ketersediaan alat yang digunakan terbatas.

“Saat ini ditujukan kepada sopir dan penumpang. Dari hasil yang didapatkan, keduanya negatif Covid-19,” ujarnya.

Lihat juga...