Tiga Kecamatan di Mukomuko Berstatus Zona Merah COVID-19

Peta Epidemologi COVID-19 di Kabupaten Mukomuko – Foto Ant

MUKOMUKO – Berdasarkan peta Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tiga dari 15 kecamatan di daerah itu, saat ini berstatus zona merah penyebaran COVID-19.

Penilaian tersebut berdasarkan update peta epidemologi COVID-19 Kabupaten Mukomuko, sejak beberapa hari terakhir. Sebanyak tiga dari 15 kecamatan yang berstatus zona merah penyebaran COVID-19 di daerah tersebut adalah, Kecamatan Air Dikit, Kecamatan Teramang Jaya dan Kecamatan Penarik. “Tiga kecamatan itu memang zona merah, dan secara data dia sudah merah,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, Kamis (3/6/2021).

Bustam Bustomo, yang juga sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko menyatakan, meskipun bukan instansinya yang menetapkan zona, tetapi dari jumlah kasus tiga daerah ini paling rawan penyebaran virus corona. “Yang menetapkan zona tersebut merah, oranye dan kuning itu satgas, tetapi kalau berdasarkan data kasus aktif COVID-19 di tiga kecamatan daerah ini memang merah,” ujarnya.

Supervisor Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Hitatun A Razak mengatakan, berdasarkan update peta epidemologi COVID-19, seharusnya tiga kecamatan itu zona merah. “Satgas belum menetapkan tiga kecamatan ini berstatus zona merah, tetapi kalau berdasarkan data kasus aktif COVID-19 di daerah ini seperti zona merah COVID-19,” ujarnya.

Selain itu, ada tiga kecamatan berstatus zona oranye yakni, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan V Koto dan Kecamatan Teras Terunjam. Kemudian dua kecamatan berstatus zona kuning yakni, Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan Kota Mukomuko. Hitatun menyatakan, secara umum atau kumulatif Kabupaten Mukomuko saat ini berada di zona oranye, karena kecamatan di daerah ini lebih banyak zona hijau, dan hanya tiga zona merah. (Ant)

Lihat juga...