TPS Liar di Arteri Tol JORR Jatiwarna Akhirnya Ditutup

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di jalur Arteri Tol JORR Jatiwarna, Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, akhirnya ditutup permanen, oleh UPTD LH bersama kelurahan setempat.

“Alhamdulillah, akhirnya ada solusi, TPS Liar di Arteri tol JORR ditutup permanen dengan ditimbun tanah. Ke depan, lokasi itu akan ada bangunan semacam taman atau posko buat forum RW di Jatiwarna,” ungkap Heri, Kepala UPTD Pondok Melati, kepada Cendana News, Rabu (9/6/2021).

Dikatakan, penutupan tersebut setelah forum RW, Linmas dan kelurahan, berkoordinasi. Sehingga bisa bertemu dengan pemilik lahan yang dijadikan lokasi TPS ilegal. Dalam pertemuan itu, pemilik lahan menyetujui dan menyerahkan kebijakan pada lingkungan.

Kepala UPTD LH Pondok Melati, Heri, bersama Lurah Jatiwarna, saat melihat langsung penimbunan lokasi TPS liar, Rabu (9/6/2021). –Foto: M Amin

“Langkah penutupan telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, sejak berita di Cendana News, viral pada pekan lalu. Akhirnya, Forum RW di Jatiwarna mengambil kebijakan bertemu dengan pemilik lahan, dan melakukan penimbunan. Sampai sekarang masih dilakukan penimbunan,” kata Heri.

Menurut Heri, lokasi tersebut akan dijadikan semacam taman atau posko jaga. Saat ini, lokasi itu dijaga oleh Linmas untuk mencegah terjadi pembuangan sampah.

Heri juga mengatakan, sejak kerap diberitakan media massa, di lokasi itu dipasang CCTV hingga ada beberapa warga yang tertangkap membuang sampah di lokasi jalur tol JORR Jatiwarna. Dari beberapa orang yang ditangkap, ketika diinterogasi mereka bukan warga sekitar.

“Yang buang sampah itu warga yang melintas dan berasal dari berbagai wilayah di Kota Bekasi, bahkan ada dari Pondok Gede dan Bantargebang. Diharapkan, setelah ditimbun lokasi itu jadi TPS Liar,” ucap Heri.

Pantauan di lokasi, TPS Liar di arteri Tol JORR Jatiwarna telah ditimbun dengan tanah setinggi satu meter lebih. Sebelumnya, sampah telah diangkut dan bawa ke TPA Sumur Batu. Sampai sekarang, penimbunan dan pemerataan masih dikerjakan.

Oleh forum RW setempat, titik pintu masuk tol arteri yang juga mulai menjadi sasaran TPS liar juga mulai dibersihkan. Rumput yang tinggi dibersihkan, sehingga terlihat kondisi sudah bersih.

Pegiat lingkungan, Maman Warman, mengapresiasi langkah UPTD LH Pondok Melati bersama Kelurahan Jatiwarna, meskipun terkesan lamban karena setelah kerap disorot baru memberi solusi. Pasalnya, lokasi TPS Liar di jalur arteri tol JORR Jatiwarna sudah lama terjadi, dan kerap dibersihkan dan kembali lagi menjadi TPS Liar.

“Sekarang setelah ditimbun dan akan dibuat taman atau posko permanen, jadi langkah maju dalam menjaga lingkungan. Ini harusnya menjadi contoh di wilayah lain yang kerap ditemui adanya lokasi TPS ilegal,” pungkasnya.

Lihat juga...