Tsitsipas Singkirkan Martinez di Babak Kedua Roland Garros

Petenis Yunani, Stefanos Tsitsipas, merayakan kemenangannya atas petenis Spanyol Pedro Martinez dalam babak kedua tunggal putra French Open 2021 di  Roland Garros, Paris, 2 Juni 2021 – foto Ant

JAKARTA – Unggulan kelima dari Yunani, Stefanos Tsitsipas, melewati hadangan petenis Spanyol, Pedro Martinez, dengan kemenangan 6-3 6-4 6-3, pada Rabu (2/6/2021) waktu setempat. Tsitsipas berhak maju ke babak ketiga French Open 2021.

Tsitsipas, yang mencapai semifinal turnamen tersebut di edisi 2020, dianggap sebagai salah satu penantang serius, untuk kampiun tanah liat Rafael Nadal, dalam perebutan titel di Roland Garros. Penilaian tersebut diberikan, setelah petenis berusia 22 tahun itu menjuarai turnamen Monte-Carlo Masters.

Martinez, yang berperingkat 103 dunia, sebenarnya tampil cukup bagus di sepanjang pertandingan. Namun kali ini, tidak terlalu bisa menekan Tsitsipas, dalam pertemuan mereka yang pertama itu. Petenis asal Yunani itu delapan kali mematahkan servis lawannya dan melepaskan pukulan winner ke-45, pada matchpoint guna merancang pertemuan babak ketiga dengan petenis Amerika Serikat, John Isner, yang mengalahkan petenis Serbia, Filip Krajinovic 7-6(6) 6-1 7-6(5).

Petenis Jerman, Alexander Zverev, melepaskan serve ke arah lawannya dari Rusia, Roman Safiullin, dalam pertandingan babak kedua tunggal putra French Open di Roland Garros, Paris, 2 Juni 2021 – foto Ant

Sementara itu, unggulan keenam dari Jerman, Alexander Zverev, tampil tidak konsisten dengan servisnya. Namun, masih punya artileri cukup untuk menghentikan perlawanan petenis kualifikasi dari Rusia, Roman Safiullin, dengan 7-6(4), 6-3, 7-6(1), di laga yang berlangsung di hari yang sama. Zverev juga berhak melaju ke babak ketiga French Open 2021.

Petenis Rusia berperingkat 18 itu, meladeni Zverev dalam pertarungan baseline, pada set pembuka. Sebelum sang petenis Jerman mencatat break, menentukan pada gim kesebelas. Mengambil servis untuk menuntaskan set pembuka, Zverev membuat dua kali kesalahan ganda, sehingga menyianyiakan keuntungan. Bahkan harus melewati tie-breaker lainnya, namun bangkit untuk memimpin setelah ace berturut-turut.

Kesalahan ganda terus menghantui petenis Jerman berusia 24 tahun tersebut pada set kedua, ketika dia membanting rakitnya ke lapangan, saking frustrasinya karena servisnya berhasil dipatahkan. Namun secara spektakuler, Zverev bangkit untuk mengambil set tersebut dengan memenangi lima gim berturut-turut.

Zverev, yang melancarkan 15 ace tapi melakukan 10 kesalahan ganda, mengatasi Safiullin pada tiebreak set ketiga, untuk merancang pertemuan dengan pemenang pertandingan dua petenis Serbia Laslo Djere dan Miomir Kecmanovic. (Ant)

Lihat juga...