Tutut Soeharto Gelar Tradisi Tedhak Siten Cucu ke-11

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Lantunan doa menggema dalam rangkaian jelang upacara Tedhak Siten atau turun tanah Kiara Bella Rukmana, putri tercinta pasangan Danny Hendro Utomo Rukmana dan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam.

Kiara Bella Rukmana yang merupakan cucu ke-11 dari Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto), lahir pada Sabtu Pon 24 Oktober 2020, dan kini pada Sabtu Pon 26 Juni 2021 menginjak usia 7 bulan.

Pada Sabtu ini, Kiara Bella Rukmana akan tedhak siten di kediaman Eyang Tutut Soeharto di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/6/2021).

Tedhak Siten adalah upacara adat Jawa bagi seorang anak yang genap berusia 7 bulan. Satu lapan adalah 35 hari. Biasanya anak seusia itu sudah ingin turun k etanah, brangkangan atau merangkak.

Dalam adat keluarga Jawa, hal itu disyukuri dengan mengadakan acara Tedhak Siten atau Turun Tanah. Adapun maksud yang paling mendasar adalah membekali doa dan harapan bagi si anak, agar tidak luput dari kudangan dan jangan sampai mrucut (lepas) dari embanan (pengasuhan atau perlindungan). Ini berarti, agar si anak tidak meleset dari harapan dan jangan sampai tertimpa malapetaka.

Doa bersama dan khataman Alquran menjelang upacara Tedhak Siten Kiara Bella Rukmana di kediaman sang Eyang Tutut Soeharto di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/6/2021). Doa dan hataman Alquran dipimpin oleh Imam Muazin Masjid Agung At Tin, Ainurr Rofiq. -Foto: Sri Sugiarti

Menjelang upacara Tedhak Siten, doa dilantunkan dengan membaca surat Alfatihah dan surat Yasin. Pembacaan doa dipimpin oleh Imam Muazin Masjid Agung At Tin,  Ainurr Rofiq. Dia mengajak segenap yang hadir untuk memanjatkan doa kepada Nabi Muhammad SAW.

“Kita panjatkan doa dengan membaca surat Alfatihah dan khataman Alquran, mudah-mudahan acara Tedhak Siten ananda Kiara Bella Rukmana yang merupakan cucu ke-11 Ibu Tutut Soeharto dan Pak Indra Rukmana,  mendapatkan ridho dan berkah Allah SWT. Ananda Kiara menjadi anak yang soleha, yang selalu mendoakan keluarga besarnya agar kelak masuk surga bersama,” katanya.

Dia mengatakan, hari ini merupakan acara turun tanah Kiara Bella Rukmana, putri pertama dari Danny Bimo Utomo Rukmana dan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam.

“Mudah-mudahan, kelak ananda Kiara menjadi anak yang soleha, anak yang bermanfaat dan berguna bagi orang tuanya, keluarga, nusa dan bangsa serta agamanya,” ujar Ustad, saat mengawali pengajian menjelang upacara Tendak Siten Kiara Bella  Rukmana di kediaman Tutut Soeharto.

Ustad juga berharap, agar pasangan Danny Bimo Utomo Rukmana dan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam, menjadi keluarga yang sakinah,  mawaddah, dan warahmah.

“Semoga Mas Danny dan Mbak Raiyah diberkahi oleh Allah SWT, menjadi keluarga yang bahagia dunia dan akhirat.  Keluarga yang tenang, tenteram, damai, penuh cinta dan kasih sayang, serta dimudahkan dalam urusan rezeki dan lainnya oleh Allah SWT. Aamiin,” ucap Ustad Ainurr.

Lihat juga...