UKM Alat Pertanian di Riau Kantongi Sertifikat SNI

PEKANBARU —  Produk perkebunan yang dihasilkan Rumbio Jaya Steel (RJS) di Provinsi Riau berhasil mengantongi sertifikat mutu Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standarisasi Nasional, sebagai yang pertama di Indonesia untuk kategori usaha kecil menengah (UKM).

“Kita patut berbangga hati dengan produk-produk Riau yang mampu menunjukkan kualitasnya hingga berhasil meraih SNI. Ini menjadi bukti bahwa produk lokal kita bisa bersaing di Tanah Air,” kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution saat menyerahkan sertifikat SNI tersebut di Pekanbaru, Kamis (17/6/2021).

Kedua produk yang berhasil mengantongi SNI itu adalah egrek dan dodos yang saat ini banyak digunakan oleh petani sawit di Provinsi Riau.

Ia berharap, keberhasilan ini dapat menjadi perangsang bagi UMKM lainnya untuk meningkatkan standar produksi sesuai standar yang telah ditetapkan.

Usaha Kecil Menengah (UKM) Rumbio Jaya Steel berada Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar. UKM tersebut merupakan binaan PT Perkebunan Nusantara V.

Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko K. Santosa menjelaskan pihaknya telah merangkul Koperasi Rumbio Jaya Steel (RJS) sejak awal 2020 karena dinilai memiliki potensi.

Pada tahap awal, PTPN V menjalin kerja sama pembelian peralatan panen perkebunan sawit sebesar Rp1,6 miliar ke Koperasi RJS. Kesepakatan pembelian dilakukan di hadapan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah.

Di tahun yang sama, PTPN V kembali menerbitkan kontrak pengadaan alat panen kepada RJS sebesar Rp2,8 miliar sehingga total omzet yang diraih RJS pada 2020 mencapai Rp4 miliar. Angka itu meningkat drastis dibandingkan dengan pada 2019 yang sekitar Rp1,2 miliar.

PTPN V dengan Koperasi RJS juga mendukung rencana ekspansi koperasi dengan mengucurkan dana pinjaman lunak bergilir dan bergulir sebesar Rp600 juta.

Jatmiko yang juga Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Provinsi Riau itu, mengajak para pengusaha perkebunan di “Bumi Lancang Kuning” itu, untuk turut melirik dan menggunakan produk-produk yang dihasilkan RJS.

“Kita berkomitmen untuk terus mengembangkan UKM mitra binaan perusahaan. Tidak hanya memberikan kapitalisasi, membeli hasil produksi, mendorong promosi, namun juga mendukung upaya-upaya UKM untuk terus tumbuh,” kata Jatmiko. (Ant)

Lihat juga...