Untuk Meningkatkan Stamina, Pemain PSMS Jalami Latihan Fisik di Pantai

Pemain PSMS menjalani latihan di pantai – foto Ant

MEDAN – Pemain PSMS Medan, menjalani latihan fisik di Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Hal itu sebagai upaya, untuk meningkatkan stamina agar lebih prima usai menjalani libur Idulfitri.

Pelatih PSMS Medan, Ansyari Lubis mengatakan, materi latihan fisik di pantai itu sengaja dilakukan, untuk meningkatkan kondisi fisik para pemainnya. “Artinya, sesuai dengan jadwal yang kita buat latihan di pantai ini, yakni meningkatkan kondisi fisik pemain. Bukan berarti kalau di lapangan tidak bisa, tetapi kita butuh supaya ada penguatan otot ke pemain, karena di sini lapangannya lebih berat dan mereka harus bekerja lebih berat. Artinya itu tujuan yang harus kita capai pada latihan hari ini,” katanya, Rabu (2/6/2021).

Adapun materi yang diberikan adfalah, warning up dan kordinasi “Materi kita tadi dari mulai warming up terus latihan koordinasi, sirkuit traning dan kita bagi 11 post dan mereka melakukannya,” terangnya.

“Yang saya lihat hampir semua pemain melakukannya dengan sungguh-sungguh. Tadi juga saya lihat ada beberapa pemain yang saya lihat dia sebenarnya mampu tapi lebih ditahan-tahan. Itu yang harus kita push. Mereka harus tahu tanggung jawab mereka itu dalam sepak bola. Kalau hal seperti ini aja mereka tahan-tahan untuk bekerja keras, pasti nanti di pertandingan sesungguhnya sama seperti itu. Dan saya tidak mau seperti itu,” sambungnya .

Pelatih menekankan kepada para pemain, latihan di pantai tersebut juga bagian dari latihan mental. “Kalau mental pemain bagus, apapun yang kita lakukan harus semaksimal mungkin kita kerjakan. Kalau setengah-setengah lebih baik mundur saja. Saya tidak mau pemain saya itu hanya datang teken kontrak. Karena dia dibayar mahal untuk bekerja keras mentalnya juga harus kuat,” tandas Ansyari Lubis.

Diketahui, program latihan akan digelar selama tiga hari. Semua aspek akan dibangun selama latihan di pantai. Selain mengubah tempat latihan, pantai juga menjadi media untuk mengubah suasana latihan sembari menjaga kekompakan tim. (Ant)

Lihat juga...