Upacara Adat Tedhak Siten Cucu Mbak Tutut Soeharto Berlimpah Doa

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto) menggelar upacara Tedhak Siten bagi cucu ke -11, yakni Kiara Bella Rukmana, putri pertama dari pasangan Danny Bimo Hendro Utomo Rukmana dan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam, Sabtu. 

Tedhak siten merupakan rangkaian prosesi adat tradisional dari tanah Jawa yang diselenggarakan pada saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah.

Tedhak berarti menginjak, dan Siten artinya tanah. Upacara Tedhak Siten ini dilakukan sebagai rangkaian acara yang bertujuan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, berlimpah doa dan harapan serta arahan dalam hidup.

“Semoga Kiara menjadi pribadi yang mandiri, anak yang salih, yang baik, sehat, berbudi pekerti, berbudi luhur dan berbakti kepada kedua orang tua dan sesama. Kiara diharapkan juga selalu melaksanakan perintah Allah SWT,” ucap Mbak Tutut, sapaan karibnya, pada upacara Tedhak Siten  Kiara Bella Rukmana di kediamannya di jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/6/2021).

Dalam prosesi Tedhak Siten yang dipandu oleh Sri Retno Dewati, pasangan Danny Bimo Hendro Utomo Rukmana dan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam, didampingi Tutut Soeharto dan suaminya, Indra Rukmana. Serta kedua orang tua Raiyah, yakni Andi Abdussalam Tabusalla dan Andi Dalaisya Rifai.

Mereka terlihat bahagia menikmati prosesi upacara Tedhak Siten Kiara Bella Rukmana yang juga terlihat sangat cantik dan menggemaskan.

Danny Bimo Hendro Utomo Rukmana dan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam, didampingi Tutut Soeharto dan suaminya, Indra Rukmana, serta kedua orang tua Raiyah, yakni Andi Abdussalam Tabusalla dan  Andi Dalaisya Rifai, pada upacara Tedhak Sinten Kiara Bella Rukmana, putri pertama Danny Rukmana di kediaman Eyang Tutut Soeharto, jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/6/2021). -Foto: Sri Sugiarti

Sang ayah, Danny Bimo Hendro Utomo Rukmana, didampingi istri tercinta Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam, mengucapkan syukur atas karunia Allah SWT, yang pada hari ini keluarga besar, saudara dan para undangan dapat berkumpul guna menyaksikan acara Tedhak Siten putri tercintanya.

“Semoga kita selalu sehat wal afiat dalam lindungan Allah SWT. Dan, izinkkan menghaturkan terima kasih Bapak-Ibu yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk hadir di acara turun tanah hari ini, putri kami Kiara Bella Rukmana. Semoga berlipat ganda Allah SWT membalasnya,” ujar Danny Rukmana, dalam sambutannya.

Tedhak (turun), Siti (tanah), yang lebih dikenal dengan Tedhak Siten atau turun tanah bagi seorang anak yang genap usia 7 bulan. Satu lapan adalah 35 hari. “Biasanya anak seusia itu ingin turun ke tanah, brangkangan atau merangkak,” ujar Danny Rukmana.

Dalam adat kebiasaan keluarga Jawa, hal itu disyukuri dengan mengadakan acara Tedhak Siten atau Turun Tanah. Adapun maksud mendasar, kata Danny Rukmana, adalah membekali doa dan harapan bagi si anak, agar tidak luput dari kudangan dan jangan sampai mrucut dari embanan. Artinya, tidak meleset dari harapan dan jangan sampai tertimpa malapetaka.

“Alhamdulillah, anak kami ‘Kiara Bella Rukmana’ telah memasuki usia itu untuk belajar menginjak tanah,” ujar Danny Bimo Hendro Utomo Rukmana, yang merupakan cucu Presiden ke dua RI, Jenderal Besar HM Soeharto, dan Ibu Negara Raden Ayu Fatimah Siti Hartinah, Tien Soeharto.

Pada kesempatan ini, Danny Rukmana memohon doa dari keluarga besarnya dan saudara serta para undangan untuk selalu mendoakan putri tercintanya.

“Untuk itu, saya dan istri mohon kiranya bapak ibu mendoakan anak kami, Kiara Bella Rukmana, agar menjadi anak yang salih, sehat, penyejuk mata, pelindung hati, berbudi luhur, kokoh iman Islamnya, teguh kesabarannya, lurus melangkah di jalanNya. Serta pandai, hormat dan berbakti pada orang tua,” ucap Danny Rukmana.

Dalam doanya, Danny Rukmana juga berharap, agar Kiara Bella Rukmana, putri pertamanya senantiasa dalam kehidupannya kelak selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT. Juga selalu menjadi anak yang ceria dan bahagia yang membanggakan keluarga.

“Semoga putri kami, Kiara selalu dalam lindungan, bimbingan dan kasih sayang dari Allah SWT,” ucap Danny Rukmana.

Sementara dalam acara ini tampak hadir pula Siti Hediati Haryadi (Titiek Soeharto), yang merupakan adinda Tutut Soeharto. Ia pun berharap, agar Kiara Bella Rukmana menjadi orang yang berbakti kepada kedua orang tua.

“Semoga Kiara menjadi anak yang berbakti pada orang tuanya, juga dapat menjaga dan melindungi kedua orang tuanya, keluarga dan saudara,” ucap Titiek Soeharto, sambil mengelus rambut Kiara Bella Rukmana.

Begitu juga dengan Danty Indriastuty Purnamasari atau Danty Rukmana, kakak dari Danny Rukmana, mendoakan Kiara Bella Rukmana menjadi anak yang salih dan berbakti kepada orang tua, bangsa dan negara.

Lihat juga...