Vaksinasi Covid-19 di Kota Semarang Sasar Pra Lansia, Ini Alurnya

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, kembali dilakukan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, dengan menyasar masyarakat pra lansia atau mereka yang berusia 50 tahun ke atas hingga batas usia lansia.

“Pada tahap dua pelaksanaan vaksinasi, prioritas kita masih  lansia dengan umur di atas 60 tahun, yang sejauh ini sudah mencapai angka di atas 95 ribu lansia. Hal tersebut juga mendorong kita untuk menyasar pra lansia, atau umur di atas 50 tahun, untuk ikut vaksinasi Covid-19,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, Abdul Hakam di Semarang, Jumat (4/6/2021).

Vaksinasi pra lansia dapat dilakukan di 37 puskesmas yang ada di Kota Semarang, mulai 7 Juni 2021 mendatang. Saat ini, pihaknya pun telah membuka pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat pra lansia untuk bisa ikut vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, Abdul Hakam di Semarang, Jumat (4/6/2021). -Foto Arixc Ardana

“Syaratnya berusia di atas 50 tahun, dan ber-KTP Semarang. Kemudian mendaftar melalui alur pendaftaran vaksinasi pra lansia di laman, victori.semarangkota.go.id. Kemudian, pilih pendaftaran pra lansia,” terangnya.

Masyarakat tinggal mengikuti saja form pendaftaran yang tercantum, mulai dari pengisian Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga nomor Kartu Keluarga (KK).

“Jika sudah lengkap, jadwal pelaksanaan vaksinasi akan diberitahu lewat pesan pendek (WA-red) atau dapat dipantau melalui smg.city/statusvaksinasi,” tandasnya.

Pihaknya berharap dengan upaya percepatan vaksinasi tersebut, dapat semakin menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat, khususnya pada kelompok rentan usia 50 tahun ke atas.

Hakam juga menambahkan, di samping vaksinasi pra lansia tersebut, program percepatan vaksinasi covid-19 lainnya juga tetap berjalan. Termasuk vaksinasi 3 in 1, yang menyasar masyarakat umum Kota Semarang dengan syarat satu orang non lansia harus membawa dua lansia, hingga vaksinasi jemput bola ke kampung-kampung dari petugas puskesmas, dengan menyasar para lansia.

Terpisah, salah satu warga Kota Semarang, Irawan, mengaku siap mengikuti vaksinasi pra lansia. Menurutnya, dengan divaksin, setidaknya dirinya bisa terlindungi dari paparan Covid-19.

“Saya sebagai warga Semarang, siap ikut. Meski tidak bisa melindungi 100 persen, namun dengan vaksin bisa mengurangi gejala dan menghindarkan dari risiko kematian. Sudah didaftarkan oleh anak saya, saat ini tinggal menunggu jadwal vaksin,” pungkasnya.

Lihat juga...