Vaksinasi Covid-19 Jadi Berkah Sejumlah Pedagang Makanan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk mencegah penyebaran menjadi berkah bagi sejumlah pelaku usaha. Sebagian calon penerima vaksin yang diwajibkan dalam kondisi prima, telah sarapan menjadi berkah usaha kuliner.

Timbul, pedagang ketupat sayur di Jalan WR Supratman, Teluk Betung Selatan menyebut sejak tiga hari terakhir mendapat banyak konsumen. Pelaksanaan vaksinasi di puluhan titik di Lampung jadi salah satu program jelang HUT Bhayangkara ke-75.

Membuka usaha di dekat lokasi penerimaan vaksin, Timbul bilang sejak Sabtu (26/6/2021) ia telah mendapat pesanan ketupat sayur sejak pagi. Konsumen dominan warga yang mendapat jadwal penerimaan vaksin. Sebab puluhan penerima vaksin yang belum makan pagi atau sarapan diminta untuk sarapan. Tensi darah yang rendah atau hipotensi jadi penyebab sejumlah warga harus sarapan.

Timbul yang kerap menerima pelanggan dari siswa sekolah, masyarakat umum menerima tambahan konsumen. Sebagian konsumen sebutnya berasal dari wilayah Bumi Waras, Teluk Betung Utara dan sejumlah kecamatan di Bandar Lampung. Normalnya usaha ketupat sayur miliknya buka sejak pukul 05.30 WIB. Selain melayani pekerja informal ia menyebut menjadi langganan sejumlah karyawan perusahaan swasta.

“Selama pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 yang akan berlangsung lima hari jadi berkah usaha ketupat sayur milik saya, untungnya saya juga sudah menerima vaksin tahap pertama bergantian dengan istri agar tetap bisa berjualan,” terang Timbul saat ditemui Cendana News, Selasa (29/6/2021).

Timbul menyebut dalam sehari ia bisa menyediakan sebanyak puluhan  ketupat. Sebanyak 200 porsi sebutnya bisa dijual dengan harga Rp10.000. Sebagian pelanggan memilih tambahan lauk telur rebus, opor ayam, sate telur puyuh dan ampela. Omzet harian sebutnya bisa mencapai Rp2juta lebih. Biasanya dagangan ketupat sayur habis sekitar jam 10.00 WIB. Sejak tiga hari terakhir dagangannya habis sekitar jam 09.00 WIB.

Sebagian calon penerima vaksin sementara ditunda imbas tensi darah tinggi dan belum sarapan saat penerimaan vaksin Sinovac di Puskesmas Kupang Kota, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Selasa (29/6/2021). -Foto Henk Widi

Timbul menyebut ia memilih menambah ketupat dan lauk selama tiga hari terakhir. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang rencananya akan berlangsung hingga Kamis (1/7/2021) jadi berkah baginya. Meski omzet tidak naik signifikan, ia menyebut waktu berjualan bisa lebih cepat habis. Pada kondisi normal sejumlah penyedia jasa ojek online, karyawan jadi pelanggannya.

“Selama vaksinasi kuota harian mencapai seratus orang, tetap ada minimal 30 orang sarapan artinya pelanggan bertambah,” ulasnya.

Berkah pelaku usaha kecil selama pelaksanaan vaksinasi diakui Dinda. Pedagang kue misro dan combro dari singkong itu mengaku kue dijual Rp1.000 perbuah. Jenis kue oncom di jero (combro) dan amis di jero (misro) jadi pengganti menu sarapan warga yang menghindari nasi. Sebagian pelanggan memakai combro sebagai menu lauk saat makan nasi.

“Sebagian konsumen membeli misro dan combro sembari mengantre pada pelaksanaan vaksinasi,” ulasnya.

Dinda yang membuka usaha di Jalan RE Martadinata itu mengaku sudah membuka usaha sejak pagi. Sebanyak 500 butir misro dan combro dijualnya hingga sore. Normalnya ia bisa menjual habis kue tradisional miliknya hingga pukul 16.00 WIB. Namun selama pelaksanaan vaksin ia sudah habis stok sejak pukul 15.00 WIB. Omzet rata rata mencapai Rp500.000 per hari.

Hardiansah, salah satu calon penerima vaksin Covid-19 menyebut sejak pagi mengantre. Ia mengaku telah sarapan agar kondisi badan prima. Sejumlah rekan yang tidak sarapan sebutnya sementara ditunda untuk penerimaan vaksin. Setelah sarapan penerimaan vaksin bisa dilakukan sebab berpengaruh pada tekanan darah atau tensi rendah.

“Untung ada pedagang ketupat sayur sehingga bisa jadi alternatif sarapan, sebagian makan roti dan kue combro,” ulasnya.

Antisipasi hipotensi atau kondisi tekanan darah pada arteri rendah dari kondisi normal diakui dokter Novalinda di Puskesmas Kupang Kota, Teluk Betung Selatan calon penerima vaksin harus sarapan. Bagi calon penerima vaksin tekanan darah rendah dan tinggi sementara ditunda untuk pemberian vaksin. Sebagian diminta untuk sarapan dengan roti dan menu lain agar kondisi normal. Sejumlah usaha penyedia menu sarapan di sekitar pelaksanaan vaksin sebutnya bisa dimanfaatkan warga.

Lihat juga...