Wapres : SDM Berkualitas Komponen Penting Kembangkan Ekonomi Syariah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Untuk mewujudkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang tersebut.

Wakil Presiden, KH.Ma’ruf Amin mengatakan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) merupakan komponen terpenting dalam mewujudkan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Baik di lembaga pendidikan, lembaga sosial maupun lembaga ekonomi keuangan syariah.

“SDM adalah komponen terpenting dalam mewujudkan perkembangan ekonomi syariah,” ujar Ma’ruf dalam sambutanya pada peluncuran buku Teks Ekonomi Syariah dan buku Panduan Magang atau Praktik Kerja di Sektor Ekonomi dan Keuangan Syariah, yang digelar virtual di Jakarta, diikuti Cendana News, Selasa (29/6/2021).

Disebutkan, salah satu faktor penentu terciptanya SDM berkualitas berbasis ekonomi dan keuangan syariah adalah melalui pendidikan yang didukung kurikulum dan buku teks panduan pengajaran ekonomi dan keuangan syariah yang tepat. Sehingga materi pendidikan di perguruan tinggi harus mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Ma’ruf berharap lembaga pendidikan perguruan tinggi dengan program studi ekonomi syariah dapat melakukan studi dan riset untuk mendorong inovasi dan pengembangan di bidang ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Ekonomi dan keuangan syariah merupakan salah satu program prioritas pemerintah. Yang diharapkan menjadi arus baru perekonomian untuk mendukung ketahanan ekonomi nasional,” ujar KH.Ma’ruf Amin yang merupakan mantan Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Untuk mencapai tujuan itu, perlunya integrasi dari berbagai unsur ekonomi dan keuangan syariah, dalam satu kesatuan ekosistem yang kuat dari sektor hulu hingga hilir.

“Tentu termasuk di dalamnya adalah kuantitas dan kualitas dan SDM berbasis ekonomi dan keuangan syariah,” tutupnya.

Lihat juga...