Yayasan Damandiri Perbaiki Sektor Pendidikan di DCML Pesantunan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BREBES – Guna mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa setempat, Yayasan Damandiri aktif melakukan berbagai upaya pemberdayaan di Desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, sejak tahun 2018 silam.

Salah satu pemberdayaan yang dijalankan lewat program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) tersebut adalah di sektor pendidikan.

Sampai dengan tahun 2021 ini, Yayasan Damandiri tercatat telah menggelontorkan dana bantuan hibah di sektor pendidikan ke DCML Pesantunan hingga mencapai Rp330 juta lebih.

Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri, Slamet Abdurokhman, selaku pelaksana program DCML Pesantunan, mengatakan, upaya pemberdayaan di sektor pendidikan yang dijalankan Yayasan Damandiri selama ini berfokus pada pendidikan anak usia dini.

Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri, Slamet Abdurokhman, dijumpai Cendana News, Senin (7/6/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Pendidikan Anak Usia Dini dipilih karena dinilai menjadi kunci awal pembenahan SDM desa di masa mendatang.

“Yayasan Damandiri selama ini tercatat telah berhasil membangun serta merenovasi 3 unit PAUD, dengan total anggaran mencapai Rp150 juta. Selain itu Yayasan Damandiri juga memberikan beasiswa bagi sekitar 155 anak PAUD senilai Rp35 juta. Memberikan bantuan APE (Alat Peraga Edukasi) senilai Rp50 juta. Hingga meningkatkan kompetensi guru PAUD, baik itu melalui pelatihan-pelatihan maupun dukungan gaji/honor bagi 30 orang guru PAUD dengan total anggaran mencapai Rp141 juta lebih,” ungkapnya, Senin (7/6/2021).

Tak hanya itu, di sektor Pendidikan, Yayasan Damandiri juga aktif melakukan pemberdayaan di lingkup keluarga terkecil dengan membentuk sejumlah kader Bina Keluarga Balita (BKB).

Para kader BKB ini dibentuk dengan fungsi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan maupun kesadaran para ibu dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang balita sesuai pola asuh yang benar.

“Ada sekitar 15 orang warga desa yang direkrut dan dididik menjadi kader BKB. Mereka juga diberikan bantuan sarana BKB untuk menjalankan tugasnya,” katanya.

Lewat berbagai pemberdayaan tersebut, Slamet mengatakan, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dan dirasakan langsung oleh warga.

Selain kualitas pendidikan khususnya di tingkat PAUD semakin meningkat, akses masyarakat untuk menikmati pendidikan PAUD di Desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, kini juga semakin meluas.

“Dulu kondisi sejumlah PAUD di Desa Pesantunan ini bisa dibilang kurang layak. Tapi sejak adanya program dari Yayasan Damandiri, kondisinya kini sudah jauh lebih baik. Bahkan 1 unit PAUD baru yang dibangun Yayasan Damandiri, sekarang telah menjadi PAUD unggulan yang menjadi tujuan utama masyarakat desa dengan jumlah murid mencapai 50 orang lebih,” katanya.

Lihat juga...