Australia Salurkan Bantuan ke Indonesia Perangi Covid-19

JAKARTA – Pemerintah Australia menyatakan komitmen untuk membantu Indonesia dalam merespons lonjakan kasus Covid-19 di dalam negeri, melalui penyediaan paket bantuan kesehatan.

“Hari ini saya berbicara dengan sahabat dan mitra saya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan mengkonfirmasi dukungan kesehatan segera bagi Indonesia, dalam responsnya,“ kata Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, dalam keterangan tertulis di laman resmi yang diakses dari Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Menurut pernyataan tersebut, paket bantuan yang akan diberikan Australia untuk Indonesia mencakup alat medis oksigen dan nonoksigen senilai 12 juta dolar, termasuk 1.000 unit ventilator, konsentrator oksigen hingga 700 unit, lebih dari 170 tabung oksigen dan serangkaian peralatan sekali pakai dan alat medis lainnya.

Termasuk pula 40.000 alat tes cepat antigen dan 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca pada tahun 2021.

“Dukungan Australia akan memperluas kapasitas tes cepat, menjaga layanan kesehatan yang ada dan mendukung fasilitas medis darurat di tengah upaya Indonesia dalam merespons lonjakan jumlah kasus,” kata Menlu Payne.

Dia pun menjelaskan, bahwa pembagian vaksin 2,5 juta dosis vaksin dengan Indonesia sejalan dengan pernyataan Perdana Menteri Scott Morrison pada KTT G7, untuk menyediakan setidaknya 20 juta dosis vaksin Covid-19 untuk kawasan Indo-Pasifik pada pertengahan 2022.

Adapun paket bantuan tersebut, lanjut Payne, kian memperkuat dukungan Australia untuk respons Covid-19 Indonesia hingga hari ini.

“Sejak awal pandemi, kami telah mengucurkan pinjaman sebesar 1,5 miliar dolar untuk mendukung respons Covid-19 Indonesia dan ketahanan ekonomi, me-reorientasi kemitraan pembangunan kami yang telah berjalan lama, dan menyediakan 100 ventilator serta alat medis dan laboratorium lainnya,” paparnya. (Ant)

Lihat juga...