Bakso Tulangan Bumbu Putih Enak dan Mudah Dibuat

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Olahan makanan bakso tulangan bumbu putih menjadi makanan yang pas dihidangkan bersama keluarga.

Rani Faradila, warga wilayah Kelurahan Sumber Kerang, Kecamatan Sumbersari, Jember, mengatakan, olahan bakso tulangan bumbu putih bisa dibilang tidak begitu sulit untuk membuatnya. Akan tetapi cenderung berbeda rasanya apabila saat proses pembuatannya kurang benar.

“Olahan bakso yang berhasil akan memunculkan aroma sedap yang dapat menggugah selera makan, dan rasanya nikmat. Namun, akan beda rasanya apabila cara pembuatannya kurang benar,” ujarnya kepada Cendana News ditemui di rumahnya, Sabtu (3/7/2021).

Bakso tulangan bumbu putih, dihasilkan dari proses pembuatan daging menggunakan bahan dasar daging yang masih segar. Penggunaan daging segar akan menghasilkan cita rasa bakso yang nikmat.

“Dari cita rasa yang dihasilkan akan berbeda apabila daging yang digunakan sudah tidak segar lagi. Tanpa campuran saos dan kecap, rasanya pun akan lebih nikmat, dengan campuran cabe sesuai selera pedas yang diinginkan, rasanya akan semakin nikmat,” imbuhnya.

Menambahkan sedikit campuran jeruk nipis, akan menambah cita rasa asam segar pada makanan bakso tulangan tersebut. Sangat cocok dimakan dengan cuaca panas siang.

Menu rumahan ini, bisa dibuat dengan mudah dengan beberapa bahan yang juga mudah didapat. Rani mengatakan, bahan utama yang perlu disiapkan yakni daging segar secukupnya, bawang putih, bawang merah, lada, garam halus, daun bawang, putih telur.

“Pertama haluskan daging, bentuk bulat sesuai ukuran yang diinginkan. Sembari memasak daging, campur semua bahan dan dihaluskan, tambahkan campuran rendaman beras yang sudah direndam menggunakan air. Kemudian olah jadi satu semua bahan yang ada. Terakhir campur dengan bakso yang sudah dimasak tadi,” terangnya.

Sony, anak pertama Rani Faradila, mengatakan, cita rasa bakso tulangan bumbu putih rasanya enak dan nikmat. Pasalnya keadaan seperti saat ini di tengah pandemi Covid-19 perlu hati-hati saat memilih makanan di luar. Namun, nyatanya makan yang diolah sendiri lebih nikmat, dan bersih tentunya.

“Perpaduan rasanya pas saat di santap. Aromanya yang sedap membuat minat makan semakin meningkat,” ucapnya.

Lihat juga...