Banjir Sebabkan Lima Desa di Aceh Jaya Terisolasi

BANDA ACEH – Hujan lebat yang mengguyur Aceh Jaya sejak Kamis, mengakibatkan sejumlah gampong (desa) di Kecamatan Jaya dan Indra Jaya terendam banjir dan lima gampong, di antaranya terisolasi.

“Banjir mulai terjadi sejak pukul 09.00 WIB pagi dan saat ini sudah merendam rumah warga seperti yang ada di Gampong Sapek,” kata Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Jaya Rusdi, di Aceh Jaya, Aceh, Jumat (9/7/2021).

Ia menjelaskan, banjir yang diakibatkan oleh tingginya intensitas hujan tersebut mengakibatkan lima gampong terisolasi dan belum bisa dilewati.

“Ada lima gampong, masing-masing Lamdurian, Babah Krueng, Cot Dulang, Putue dan Alue Rayeuk,” kata Rusdi.

Ia mengatakan, ketinggian air di kawasan tersebut, yakni berkisar 30 sampai 50 cm di dalam rumah penduduk. Kemudian untuk gampong yang terendam banjir saat ini adalah di Kecamatan Jaya, ada Gampong Sapek, Pante cermen, Babah ie, Lantuy, Gle Putoh sedangkan Kecamatan Indra Jaya Gamping Meudang ghon dan Kareung Ateuh.

Rusdi juga menyampaikan, untuk jembatan yang ambruk kemarin juga belum ada penanganan dari pihak terkait hingga saat ini.

“Hujan saat ini masih lebat di tempat kami,” kata Rusdi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh, Jaya Fajri, menyampaikan kalau pada Kamis kemarin banjir yang melanda kawasan tersebut sudah surut dan tidak ada lagi rumah warga yang terendam banjir.

“Rumah warga sempat terendam satu hari pada Selasa dan Kamis, sudah surut, namun hari ini sudah mulai hujan lagi,” katanya.

Ia menambahkan, kalau untuk saat ini pihaknya sedang melakukan pemantauan kembali di sejumlah wilayah Aceh Jaya disebabkan hujan masih belum reda. (Ant)

Lihat juga...