Begini Cara Membuat Mendoan yang Gurih dan Nikmat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Mendoan merupakan makanan khas Banyumas dan beberapa kabupaten sekitarnya yang tak pernah membosankan untuk dinikmati setiap hari. Namun, tidak semua mempunyai cita rasa yang nikmat, tangan yang berbeda membuahkan hasil yang berbeda pula.

Anjar Asmara, warga Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas memberikan tips membuat mendoan, Sabtu (31/7/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Anjar Asmara, warga Perum Puri Hijau, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas membagikan resep mendoan yang nikmat dan lezat serta gurih, meskipun merupakan mendoan rumahan. Menurutnya, kunci utamanya adalah pada perpaduan komposisi tepung yang pas.

“Untuk tepungnya, terdiri dari terigu dan tepung beras, terkadang ada mendoan yang jika sudah dingin tidak enak lagi, hal tersebut karena tepung terigunya lebih dominan. Sebaiknya, perpaduannya harus sama, misalnya masing-masing empat sendok,” katanya, Sabtu (31/7/2021).

Untuk membuat, terlebih dahulu harus membeli tempe mendoan yang dalam satu bungkus berisi dua hingga tiga biji. Anjar memberikan tips, pilih tempe yang sudah jadi dan berwarna putih merata. Sebab, jika sudah berubah warna agak kecoklatan, maka akan menimbulkan rasa sangit.

Selanjutnya membuat adonan tepung pembungku dengan komposisi yang sama antara tepung terigu dan tepung beras. Untuk bumbu tepung cukup sederhana, hanya bawang putih, ketumbar dan garam saja. Bumbu tersebut dihaluskan dan dicampurkan dalam adonan. Jangan lupa sertakan irisan daun bawang.

“Air untuk mencampurkan adonan, sebaiknya digunakan yang dingin dari lemari es, karena akan membuat adonan menjadi lebih gurih dan renyah. Untuk adonan tepung juga jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer,” tuturnya.

Tahapan selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah saat menggoreng. Anjar mengatakan, minyak harus banyak dan dipastikan sudah panas saat mulai menggoreng. Goreng sebentar saja, dibalik sekali dan langsung diangkat.

“Bedanya mendoan dengan tempe goreng lainnya, adalah menggorengnya yang hanya sebentar, tetapi dalam minyak yang dipastikan sudah panas,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Herlina , meskipun sudah seringkali membuat mendoan, namun cita rasanya seringkali kurang pas. Sehingga jika ingin menikmati yang enak, ia memilih untuk membeli di kawasan Sawangan yang merupakan pusat mendoan ataupun di sekitar kawasan Kebondalem, Purwokerto.

“Pernah juga membeli tepung bumbu yang sudah tinggal goreng saja di Sawangan, tetapi tetap saja rasanya tidak seperti mendoan Sawangan,” tuturnya.

Lihat juga...