Besok Masjid Raya Sabilal Muhtadin Kalsel Gelar Salat Iduladha

BANJARMASIN – Pengurus mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyatakan akan menggelar Salat berjemaah Hari Raya Iduladha 1442 hijrah, Selasa pagi besok.

Ketua Umum Pengurus Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Drs. H. Darul Quthni, MH., menyatakan salat diadakan di lapangan terbuka atau di lapangan parkir sebelah barat masjid.

“Untuk jemaah laki-laki di luar masjid, bagi jemaah perempuan di dalam masjid,” ujarnya saat ditemui di mesjid terbesar di ibu kota provinsi Kalsel tersebut, Senin (19/7/2021).

Menurut Darul Quthni, persiapan pelaksanaan salat berjemaah Iduladha ini sudah dilakukan jauh-jauh hari, khususnya untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena masih masa pandemi Covid-19.

“Kita atur jarak antarjemaah, juga kedatangan jemaah agar tidak berjubel,” ujarnya.

Menurut dia, pelaksanaan Salat Iduladha dijadwalkan pada pukul 07.00 WITA, Khatib Guru besar UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. A Fahmi Arif, MA, sedangkan imannya pimpinan Ponpes Mursyidul Amin Gambut, Guru H Rasyid Ridha,” ujarnya.

Dia pun mengimbau bagi jemaah untuk menaati protokol kesehatan Covid-19, pakai masker dan menjaga jarak.

“Kita juga minta agar berwudhu di rumah saja, jangan lupa bawa sajadah sendiri,” tutur Darul Quthni.

Dia pun meminta para jemaah menjaga kebersihan lingkungan masjid untuk tidak membuang sampah sembarang. “Bawa wadah sendiri untuk meletakkan bekas botol minuman dan makanan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, kasus Covid-19 di Kota Banjarmasin terus bertambah tinggi dalam pekan ini, hingga kini total 10.409 warga yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, dan saat ini kasus aktif sebanyak 931 orang.

Sementara itu, kesembuhan sudah mencapai 9.259 orang dan meninggal dunia sudah sebanyak 219 orang.

Di masa pandemi Covid-19 masih melanda ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel telah mengeluarkan petunjuk teknis penyelenggaraan makam takbiran, Salat Iduladha dan penyelenggara kurban tahun 1442 hijrah atau 2021 M.

Di antaranya untuk pelaksanaan Salat Iduladha 1442 H ini dibolehkan di masjid atau di lapangan untuk wilayah zona hijau maupun kuning. Namun, jemaah yang hadir hanya 30 persen dari kapasitas. Kegiatan ini juga sudah mengantongi izin Satgas Covid-19 daerah setempat. (Ant)

Lihat juga...