Buah dan Sayuran, Sumber Gizi Penopang Hidup Sehat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Literasi pola hidup sehat meningkat seiring dengan adanya pandemi Covid-19. Upaya meningkatkan daya tahan tubuh, sumber asupan kaya gizi sering dikonsumsi.

Novianti, warga Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung memilih sayuran untuk jus dan pelengkap konsumsi keluarga. Asupan buah dan sayuran jadi menu wajib baginya.

Penyajian buah dan sayuran sebut Novianti dengan serat tinggi, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sebelumnya ia mengaku kerap melakukan olahraga senam aerobik dan zumba bersama klubnya.

Namun selama pandemi tempat senam sementara ditutup. Sebagai upaya menjaga kesehatan, ia tetap melakukan senam di rumah. Konsumsi buah, sayur jadi alternatif menjaga stamina tubuh.

Mendapat dukungan dari instruktur dan tutorial dari Youtube, Novianti bisa berkreasi membuat makanan sehat. Berbahan buah, sayur ia mengolahnya menjadi jus agar lebih mudah diminum.

Sang anak juga menyukai pengolahan buah dan sayuran menjadi jus untuk menjaga fungsi pencernaan. Rendah akan kalori, lemak namun kaya vitamin C dan nutrisi yang baik menjadikan olahan tersebut jadi pilihan.

“Jenis sayuran yang saya manfaatkan berupa lobak putih, bit merah, sawi, selada, brokoli sementara buah dipilih jenis semangka, melon, nanas, alpukat dan mangga yang memiliki kandungan serat. Berguna melancarkan saluran pencernaan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi,” terang Novianti saat ditemui Cendana News, Jumat (16/7/2021).

Novianti bilang manfaat yang cukup banyak dari buah, sayuran untuk kesehatan terbukti secara medis. Agar lebih mudah dicerna, kombinasi dengan buah dan sayuran bisa ditambah madu.

Jus buah diakuinya akan menghindarkan tubuh dari zat yang tidak baik dan dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Konsumsi buah segar dan sayur tetap menjadi pendukung pola hidup sehat.

Imbas kesadaran akan pola hidup sehat yang meningkat Novianti mengaku, sayuran jenis tertentu sulit diperoleh. Sayuran segar jenis bit merah dan lobak mulai sulit dibeli pada sejumlah pasar.

Pembeli sebagian warga biasa dan tenaga kesehatan untuk jus. Ia bahkan hanya mendapatkan lobak putih. Sementara sayuran bit merah diperoleh dengan membeli sayuran tersebut dari toko online. Umbi bit merah sebutnya diperoleh dari Lembang, Jawa Barat.

“Sayuran bit merah ditanam, dipanen dadakan oleh petani sehingga nilai gizi tetap terjaga,” bebernya.

Sebagai sayuran yang dimanfaatkan bagian umbi atau dikenal buahnya, ia memakai sebagai jus. Jus buah bit dicampur dengan nanas, semangka, melon dan madu.

Sebagai sayuran dengan dominan warna merah, bit memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Zat warna merah bahkan meningkatkan trombosit pada sel darah merah, dan meningkatkan stamina tubuh.

Sumardiono, pedagang buah di Jalan Imam Bonjol, Tanjung Karang menyebut permintaan buah cukup tinggi. Kesadaran untuk mendapatkan nutrisi buah diakuinya terlihat dari permintaan buah segar.

Buah segar yang dijual oleh Sumardiono di Jalan Imam Bonjol, Tanjung Karang, Bandar Lampung banyak digunakan masyarakat untuk menjaga ketahanan tubuh saat pancaroba, Jumat (16/7/2021) – Foto: Henk Widi

Selama pandemi Covid-19 buah yang kerap dibeli berupa pisang, semangka, melon, nanas, apel hingga buah naga. Semua jenis buah itu dikonsumsi segar atau jadi jus.

“Warga yang membeli buah segar dominan ingin menggunakan buah untuk peningkat stamina tubuh,” ulasnya.

Jenis buah segar mangga arum manis, manalagi dan indramayu sebut Sumardiono cukup banyak diminati. Buah tersebut bisa dikombinasikan dengan buah lain dalam olahan jus.

Selain mengonsumsi buah segar untuk peningkat nutrisi, Sumardiono juga berbagi resep menjaga pola hidup sehat. Cara terbaiknya dengan tidur cukup, hindari merokok, olahraga teratur.

Memilih buah segar untuk menjaga nutrisi sebut Sumardiono bisa dilakukan dengan melihat ciri fisik. Namun agar buah bisa dikonsumsi menjadi minuman yang menyehatkan kombinasi dilakukan dengan pembuatan jus memakai sayuran berwarna.

Selain bagus untuk pencernaaan, buah segar memang sempurna sebab memiliki asupan gizi yang baik.

Lihat juga...