Bulog Tahuna Siapkan 124.000 Kg Beras Dukung PPKM

Kepala Bulog Tahuna, Joko Purnomo -Ant

SULUT – Kepala Perum Bulog kantor cabang Tahuna, Sulawesi Utara, Joko Purnomo, mengatakan untuk penanggulangan bencana nonalam telah disiapkan 124.670 kg beras bagi masyarakat untuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sangihe.

“Bulog Tahuna telah menyiapkan 124.670 kg beras jenis premium untuk mendukung kegiatan PPKM di Kabupaten Sangihe,” kata Joko Purnomo di Tahuna, Jumat (23/7/2021).

Menurut dia, sasaran penyaluran beras penanganan bencana melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo adalah penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), dan kelompok penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Mekanisme penyaluran CBP diatur dalam peraturan Menteri Keuangan nomor 88/PMK.02/2019 dan peraturan Menteri Sosial nomor 22 tahun 2019,” kata dia.

Secara nasional, ada 20 ribu kelompok penerima manfaat, namun untuk Kabupaten Sangihe ada 12.467 keluarga terdiri dari 5.080 PKH dan BST 7.387 keluarga.

Dia mengatakan, penyaluran bantuan dicanangkan oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana di halaman kantor Bulog Tahuna. Beras tersebut, kata dia, diantar langsung ke kampung dan kelurahan, termasuk untuk wilayah kepulauan.

“Setiap keluarga penerima manfaat mendapat 10 kg beras dan diantar langsung ke kampung dan kelurahan,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...