Bupati dan Wali Kota di Sumsel Diminta Segera Belanjakan Anggaran Bansos

Gubernur Sumsel, Herman Deru - foto Ant

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengingatkan bupati dan wali kota di daerahnya, segera membelanjakan anggaran belanja modal bidang Bantuan Sosial (Bansos).

Desakan disampaikan, karena saat ini masyarakat yang terdampak COVID-19 disebutnya, makin bertambah. “Bupati dan wali kota tidak usah ragu membelanjakan anggaran bansos,” kata Herman Deru, Minggu (25/7/2021).

Penggunaan anggaran APBD maupun non-APBD, terkait dengan bantuan sosial harus dipercepat, karena menyentuh pada kebutuhan penyediaan alat medis (masker dan APD) dan vaksin. Demi tertib aturan, disarankan pemerintahan kabupaten dan kota didampingi kejaksaan dan kepolisian.

Sejauh ini, Pemprov Sumsel mendapati terjadi keterlambatan penyerapan anggaran, karena persoalan tender. Oleh karena itu, diharapkan adanya kebijakan khusus dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), terkait dengan tender bansos tersebut, khususnya belanja nonsembako dan nonmedis.

Semua pihak, harus mendorong optimalisasi anggaran bansos, sebagaimana instruksi pemerintah pusat mengenai percepatan pemulihan ekonomi melalui penyaluran program perlindungan sosial serta belanja modal terkait dengan bansos.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, M. Rum menyatakan, institusinya siap memberikan pendampingan sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku, untuk mendukung percepatan belanja anggaran sesuai dengan arahan pemerintah pusat. “Yang penting saling jaga satu sama lain. Banyak cara agar mendorong anggaran ini optimal,” tandas M. Rum. (Ant)

Lihat juga...