Bupati Kupang Sebut Program READSI Perkuat Kelembagaan Petani

Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno -Ant

KUPANG – Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno, mengatakan program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling Up Initiative (READSI) mampu menguatkan kelembagaan petani di daerah ini.

“Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan terimah kasih terhadap pemerintah pusat, yang telah menetapkan Kabupaten Kupang sebagai lokasi kegiatan program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling Up Initiative (READSI),” katanya dalam kegiatan star up Program READSI di aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan di Oelamasi, ibu Kota Kabupaten Kupang, Kamis (1/7/2021).

Program READSI di daerah ini mulai berlangsung 2019-2023 dengan sumber pembiayaan dari International Fund for Agriculture Development (IFAD), dalam bentuk pinjaman hibah luar negeri.

Sasaran program READSI adalah petani, termasuk petani miskin yang aktif dan memiliki sumber daya lahan yang berpotensi agar bisa memotivasi petani lainnya untuk meningkatkan taraf hidup petani karena banyak petani yang memiliki lahan luas namun kehidupannya di bawah garis kemiskinan, yang disebabkan karena kurangnya edukasi, motivasi, dan kepercayaan diri untuk berkembang.

Menurut Bupati, melalui program READSI secara tidak langsung ikut menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Revolusi 5P, yaitu pembangunan sektor pertanian, peternakan, perkebunan, pariwisata dan perikanan menuju masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera.

“Program ini sebagai upaya meningkatkan produktivitas petani untuk meningkatkan kesejahteraan petani baik secara individu maupun kelompok,” katanya.

Ia berharap, peran para pendamping, penyuluh maupun fasilitator sebagai garda terdepan sangat penting dalam memberikan semangat dan motivasi kepada petani agar taraf hidup masyarakat petani di daerah ini menjadi lebih sejahtera.

Korinus Masneno mendorong para pengelola program ini untuk dapat meningkatkan etos kerja, motivasi dan rasa optimisme bagi petani untuk terus berkembang dan mandiri.

Bupati Korinus mengatakan, melalui program READSI dapat menghasilkan komitmen kerja yang baik untuk tercapainya program ini.

Refocusing dan pandemi Covid-19 kata dia agar tidak menjadi hambatan dalam pelaksanaan kegiatan yang bermanfaat bagi petani di Kabupaten Kupang.

“Dengan semangat Revolusi 5P kita tingkatkan produktivitas kerja kita, dalam rangka mempercepat penurunan angka kemiskinan dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kupang,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...