Caesar Anak Berbakat, Piawai Main Berbagai Alat Musik dan Menyanyi

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Sajian lagu-lagu yang dilantunkan malam minggu di Kafe Rindu Lokaria, Desa Habi, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat para tamu di kafe yang menyajikan aneka makanan lokal ini pun memuji pelajar tersebut.

“Saya mulai menyanyi sejak kelas 3 Sekolah Dasar (SD) dan mulai menyanyi di kafe sejak kelas 4 SD,” sebut Martino Wilfrid Caesar Laban Lumbangaol, penyanyi sekaligus pemain musik, saat ditemui di Desa Habi, Minggu (4/7/2021).

Caesar nama karibnya baru berumur 13 tahun namun piawai melantunkan berbagai lagu sambil memainkan alat musik keyboard dengan suara khasnya bahkan mampu menjangkau nada-nada tinggi sekalipun.

Pelajar Kelas VIII SMPK Frater Maumere ini mengaku biasa mengikuti sang ayah bermain musik sejak kecil dan belajar menyanyi seraya bermain musik sendiri dari ayahnya termasuk menonton video di Youtube.

“Saya bisa memainkan keyboard mulai kelas 5 SD melihat bapak memainkannnya  terus cari di Youtube lalu berlatih sendiri. Tiap hari selalu berlatih sendiri di rumah,” ujarnya.

Caecar mengaku dari kecil sudah terbiasa menyanyi dan saat di bangku SD pernah ikut lomba menyanyi bersama paduan suara di Kupang tahun 2018 serta berbagai kegiatan menyanyi di sekolah.

Anak dari Wendelinus Eigenus Paceli Laban dan Anastasia Kris Andreas Ningrum ini berucap sering menyanyi di kafe serta permintaan menyanyi di acara-acara termasuk pesta nikah.

“Kalau diminta lagu yang bisa saya main musiknya maka saya mainkan dan menyanyikannya sendiri.Saya bisa main alat musik keyboard,gitar dan drum,” ungkapnya.

Lalaki kelahiran Maumere, 25 Maret 2008 ini mengaku di rumahnya tersedia aneka alat musik tersebut sehingga dirinya tidak mengalami kesulitan berlatih karena orang tuanya pun penyanyi dan pemain musik.

Anak bungsu dari lima bersaudara ini memiliki cita-cita menjadi polisi dan selain aktif menyanyi dan bermusik, dirinya pun aktif juga bermain sepak bola di waktu senggang.

“Biasa main musik sejak sore sampai malam dan suka menemani bapak. Terkadang juga menyanyi sendiri seperti di Kota Ende dan beberapa acara yang diminta,” ucap Caesar.

Salah seorang warga Kota Maumere, Arnold Welin mengakui, pelajar SMP ini memang sering menyanyi di berbagai acara pesta bersama ayahnya dan tidak grogi tampil di depan publik.

Arnold salut atas bakat dan kemampuan yang dimiliki Caesar dan berharap agar semakin banyak anak-anak muda di Kabupaten Sikka yang bisa mengembangkan bakatnya dalam bermusik dan menyanyi sejak usia dini.

“Saya senang menyaksikannya bernyanyi sambil memainkan alat musik. Suaranya memang khas dan ia mampu membawakan lagu-lagu dengan nada tinggi,” pungkas penyiar radio Suara Sikka ini.

Lihat juga...