Camilan Lezat Bola Bola Ikan Tenggiri Sambal Kacang Pedas

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Potensi perikanan tangkap pada perairan Teluk Lampung mendorong kreativitas tradisi kuliner. Warga pesisir Teluk Lampung memanfaatkan berbagai jenis ikan menjadi sajian kuliner salah satunya bola bola ikan tenggiri.

Nurlelasari, salah satu produsen camilan berbahan ikan laut menyebut bola bola ikan tenggiri salah satu varian olahan ikan giling.

Nurlelasari bilang, bahan ikan laut cukup variatif, namun jenis ikan tenggiri atau scomberomorini paling kerap dipakai. Ikan tenggiri yang akan digunakan untuk olahan bola bola ikan terlebih dahulu digiling. Ia memilih mengukus ikan tenggiri yang dibeli perkilogram Rp75.000 lalu memisahkan daging dengan duri. Daging ikan selanjutnya dihaluskan memakai blender agar lebih halus.

Bahan lain sebut Nurlelasari berupa bawang putih, garam, gula pasir, daun bawang, tepung sagu, putih telur. Proses awal daging ikan tenggiri yang telah campur bersama bawang putih, daun bawang, gula pasir, garam dan putih telur yang dihaluskan. Uleni semua bahan hingga merata, masukkan tepung sagu perlahan agar semuanya merata hingga kalis. Diamkan semua bahan dan tutup dengan kain agar bumbu meresap.

“Setelah semua bahan tercampur merata, tahap selanjutnya sendokkan adonan menjadi bulatan kemudian beri tusukan stik es krim lalu tata pada dandang pengukus yang telah diberi alas daun pisang hingga matang selama kurang lebih setengah jam,” terang Nurlelasari saat ditemui Cendana News, Sabtu (3/7/2021).

Bola bola ikan tenggiri yang telah dikukus sebutnya bisa diangkat lalu didinginkan. Penggunaan stik es krim sebut Nurlelasari memudahkan proses pengangkatan bola bola ikan tenggiri. Sehari ia bisa membuat sebanyak 100 buah bola bola ikan tenggiri untuk dijual bersama camilan berbahan ikan lainnya. Setelah bola bola ikan tenggiri dikukus, proses penggorengan atau dikukus ulang bisa dilakukan agar bisa disajikan hangat.

Nurlelasari (kanan) pembuat sejumlah kuliner tradisional berbahan ikan salah satunya bola bola ikan tenggiri, peyek udang, nuget dan otak otak di Pasar Gudang Lelang, Teluk Betung Bandar Lampung, Sabtu (3/7/2021). -Foto Henk Widi

Pelengkap kelezatan bola bola ikan tenggiri sebut Nurlelasari dengan adanya sambal kacang pedas. Sambal itu dibuat dari bahan kacang tanah, garam, cabai rawit dan daun jeruk. Semua bahan diulek atau dihaluskan lalu diencerkan memakai air. Saat ada konsumen membeli bola bola ikan tenggiri, sambal kacang pedas disertakan dalam kemasan plastik.

“Setiap ada pembeli bola bola ikan tenggiri mendapat satu bungkus sambal kacang pedas untuk cocolan,” ulasnya.

Bola bola ikan tenggiri sebut Nurlelasari bisa disajikan dalam kondisi hangat. Variasi olahan lanjutan bola bola ikan tenggiri bisa dilakukan dengan pemanggangan, perebusan dan penggorengan. Proses pengolahan lanjutan sebutnya kerap dilakukan agar saat disajikan bola bola ikan tenggiri lebih renyah dan hangat. Penggorengan dengan cara menambahkan telur kuning juga bisa dilakukan untuk menambah rasa gurih bola bola ikan tenggiri.

Salah satu pelanggan, Hendarsih, menyebut membelikan bola bola ikan tenggiri untuk sang anak. Saat sang anak sekolah, bola bola ikan itu bisa menjadi bekal bersama lauk dan nasi. Memiliki kandungan gizi yang baik dengan bahan ikan tenggiri, camilan berbahan ikan bagus untuk tumbuh kembang anak. Saat sempat membuatnya di rumah ia mengaku kerap membuat variasi bola bola ikan dengan daging ayam.

“Saya membeli karena belum sempat membuatnya, kadang saya membuat setelah membeli bahan ikan giling,”sebutnya.

Stevani, salah satu pelanggan lain menyebut kerap membeli bola bola ikan tenggiri. Harga jual Rp1.000 untuk setiap bola bola ikan tenggiri cukup terjangkau. Sesampainya di rumah ia akan menggorengnya agar bisa disajikan lebih hangat. Sebab saat dijual bola bola ikan tenggiri dalam kondisi dingin dengan tekstur lebih keras. Saat digoreng kembali, ia akan mengiris bagian bola bola ikan tenggiri agar lebih merekah.

“Usai digoreng bola bola ikan tenggiri bisa langsung disantap sebagai camilan saat pagi pengganti nasi,” ulasnya.

Tekstur lembut bola bola ikan tenggiri sebut Stevani cukup khas. Penggunaan daging ikan tenggiri dengan bumbu yang bervariasi berpadu dengan sambal kacang pedas. Selain bisa disantap langsung sebagai camilan, bola bola ikan tenggiri kerap digunakan juga sebagai lauk. Disajikan bersama dengan nasi hangat, rasa ikan tenggiri yang khas jadi teman untuk seporsi nasi hangat.

Idham Rosi, penyedia daging ikan giling mengaku membeli ikan dari proses pelelangan. Saat pelelangan di Gudang Lelang, ia membeli jenis ikan tenggiri dan kuniran. Dua jenis ikan laut itu selanjutnya akan diolah menjadi ikan giling bahan sejumlah kuliner. Setiap kilogram daging ikan giling sebutnya akan dijual mulai Rp25.000 hingga Rp100.000. Daging ikan giling tenggiri relatif mahal dijual Rp109.000 per kilogram.

Lihat juga...