Dampak Covid-19, KBM Tatap Muka di Sikka Ditunda Sementara

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengakibatkan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) menunda Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka untuk tahun ajaran baru 2021/2022.

Kepala Sekolah SMK Yohanes XXIII Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Marselus Moa Ito saat ditemui di sekolahnya di Kelurahan Beru, Kamis (8/7/2021). Foto : Ebed de Rosary

“Seharusnya mulai Senin (12/7) sudah dilaksanakan KBM bagi siswa baru tapi ditunda, ” kata Marselus Moa Ito, Kepala Sekolah SMK Yohanes XXIII Maumere, Kabupaten Sikka, NTT saat ditemui di sekolahnya di Kelurahan Beru, Maumere, Kamis (8/7/2021).

Marselus mengatakan, pihaknya sudah merencanakan Sabtu (10/7/2021) akan mengundang orang tua atau wali murid untuk datang ke sekolah untuk diberitahukan mengenai pembagian kelompok belajar.

Dia sebutkan, dengan adanya surat edaran dari Dinas PKO Kabupaten Sikka maka orang tua dan wali murid saat datang ke sekolah baru akan disampaikan mengenai penundaan pembelajaran tatap muka.

“Kami juga tidak membuat pertemuan dengan orang tua atau wali murid siswa baru. Mereka saat datang baru dipanggil satu-satu untuk diberitahukan mengenai penundaan pembelajaran untuk jangka waktu yang belum dipastikan,” ucapnya

Marselus mengaku untuk jenjang sekolah SMA atau sederajat kewenangannya berada di provinsi namun karena lokasi sekolah berada di kabupaten maka pihaknya mengikuti surat edaran dari Dinas PKO Kabupaten Sikka.

Lanjutnya, untuk siswa kelas X dan XI sesuai jadwal akan melaksanakan KBM tatap muka pada tanggal 20 Juli 2021 sesuai pemberitahuan sebelum libur sekolah.

Namun kata dia, apabila belum ada pemberitahuan dari Dinas PKO Sikka maka pihaknya akan menunda sementara sambil menantikan keputusan lebih lanjut.

“Kita tetap berpegang kepada surat dari Dinas PKO Sikka yang masih menunda KBM tatap muka di kelas. Kita akan lihat perkembangan selanjutnya dan apabila ada perubahan sesuai surat edaran Dinas PKO Sikka maka kita akan menyesuaikan dengan kebijakan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan,Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka, Mayella da Cunha dalam surat edaran tertanggal 7 Juli 2021 menunda awal masuk sekolah tahun ajaran baru 2021/2022.

Mayella katakan, semula masuk sekolah tahun ajaran baru 2021/2022 akan dilaksanakan tanggal 12 Juli 2021 tetapi ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari Dinas PKO Kabupaten Sikka.

“Surat edaran ini dikeluarkan sesuai dengan surat edaran Bupati Sikka tanggal 28 Juni 2021 mengenai Penegakan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sikka,” ujarnya.

Lihat juga...