Dinkes Rejang Lebong Lakukan Pemeriksaan 4.963 Sampel Usap Warga

REJANGLEBONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan hingga saat ini telah melakukan pemeriksaan sampel usap atau swab warga setempat yang diduga terpapar virus corona sebanyak 4.963 spesimen.

Kepala Dinkes Rejang Lebong, Syamsir, dalam keterangan di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan jumlah warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 terhitung sejak kasus pertama pada Juni 2020 hingga saat ini mencapai 1.438 kasus, dengan rincian 1.326 kasus dinyatakan sembuh, 30 kasus meninggal dunia dan 82 kasus masih dalam pengawasan.

“Jumlah sampel warga Kabupaten Rejang Lebong yang diperiksa di laboratorium hingga saat ini mencapai 4.963 spesimen, di mana 1.438 sampel dinyatakan positif dan 3.525 sampel dinyatakan negatif,” katanya.

Dia menjelaskan pemeriksaan sampel usap (swab) ini dilakukan di laboratorium yang ada di Kota Palembang, Sumsel, kemudian di Labkesda Provinsi Bengkulu serta Laboratorium PCR RSUD Curup.

Sementara itu, perkembangan kasus penyebaran COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong beberapa waktu, kata dia, masih menunjukkan peningkatan hal ini terlihat dengan adanya penambahan 51 kasus terkonfirmasi positif sehingga jumlah kasus aktif yang masih dalam pengawasan menjadi 82 orang.

Menurut dia pasien yang baru terkonfirmasi positif ini semuanya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing diantaranya 15 orang dari Kecamatan Curup Tengah, kemudian 12 orang dari Kecamatan Curup Timur. Empat orang dari Kecamatan Selupu Rejang.

Selanjutnya, tiga orang dari Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), empat orang dari Kecamatan Curup Selatan. Lima orang dari Kecamatan Curup, satu orang dari Kecamatan Bermani Ulu Raya, serta tujuh orang dari Kecamatan Curup Utara.

Selain mencatat ada penambahan 51 kasus baru, pihaknya pada hari itu juga mencatat jumlah pasien yang selesai menjalani isolasi atau dinyatakan sembuh sebanyak 28 kasus terdiri dari tiga orang dari Kecamatan Curup, dua orang dari Kecamatan Curup Selatan.

Kemudian sembilan orang dari Kecamatan Curup Utara. Satu orang dari Kecamatan Bermani Ulu Raya. Sembilan orang dari Kecamatan Curup Timur, tiga orang dari Kecamatan Selupu Rejang serta satu orang dari Kecamatan Curup Tengah.

Sedangkan untuk jumlah kasus suspek tambah dia, tercatat sebanyak 581 kasus, di mana sebanyak 21 kasus diantaranya tengah menjalani isolasi.

Masyarakat Rejang Lebong diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, demikian Syamsir. (Ant)

Lihat juga...