Distan OKU Persiapkan Kawasan Agrowisata di Raksa Jiwa

BATURAJA — Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mempersiapkan kawasan agrowisata di Desa Raksa Jiwa, Kecamatan Semidangaji sebagai daerah wisata pertanian dan perkebunan rakyat.

“Wilayah Raksa Jiwa ini akan dihidupkan menjadi salah satu kawasan agrowisata di Kabupaten OKU,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Agus Paharyono di Baturaja, Minggu (11/7/2021).

Menurut dia, sebagai tahap persiapan pihaknya akan membagi wilayah yang akan dijadikan kawasan agrowisata di desa setempat yaitu seluas sekitar empat hektare.

Dinas Pertanian OKU juga akan menggandeng perguruan tinggi Institut Pertanian Bogor (IPB) di Pulau Jawa guna membantu dalam pengelolaan lahan agrowisata agar dapar berjalan maksimal.

Lahan percobaan agrowisata di Desa Raksa Jiwa seluas empat hektare ini nantinya akan dijadikan lahan pertanian rakyat untuk ditanami berbagai jenis tanaman seperti alpukat, jambu kristal dan durian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

“Target kami pada 2022 nanti program ini sudah terwujud,” tegasnya.

Dia menjelaskan, agrowisata adalah rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan sektor pertanian atau perkebunan sebagai objek utama yang diharapkan dapat memperluas wawasan serta pengalaman wisata yang berbeda bagi para pengunjungnya.

Pengelolaan kawasan agrowisata perlu dilakukan dengan baik dan matang agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat luas.

Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dari pengembangan agrowisata antara lain yaitu dapat meningkatkan konservasi lingkungan, memberikan nilai rekreasi dan mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu, kawasan agrowisata yang nantinya dikelola oleh UPT Dinas Pertanian Raksa Jiwa ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat luas serta kontribusi bagi Pemkab OKU. (Ant)

Lihat juga...